Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banten Batal Divestasi Saham di Bank BJB

Kompas.com - 25/07/2019, 14:22 WIB
Reni Susanti,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Banten batal melakukan divestasi saham di Bank BJB

“Sinergi kami dengan Bank Banten berjalan dengan baik,” ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Bank BJB Nia Kania di Bandung, Kamis (25/7/2019).

Seperti diketahui, sebelumnya Pemprov Banten berencana melakukan divestasi sahamnya di Bank BJB sebesar 5,37 persen. Hal ini pun sempat ramai diperbincangkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Baca juga: Genjot Fee Based Income, BJB Gandeng Taspen dan Telkom

Nia mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah berkomunikasi dengan gubernur Banten. Dalam pertemuan itu diketahui rencana divestasi saham tidak dilakukan.

Hal itu dikarenakan beberapa hal. Di antaranya kontribusi Bank BJB kepada Pemprov Banten masih dinilai baik.

Selain itu, 8 kota/kabupaten di Banten tidak menginginkan divestasi. Mereka berkomitmen tetap menjadi pemegang saham di Bank BJB.

Untuk itu, saat ini Bank Banten hanya mengelola kas daerah Provinsi Banten. Sedangkan pengelola kas daerah untuk 8 kota/kabupaten di Banten dilakukan oleh Bank BJB.

Baca juga: Yuddy Renaldi Diangkat jadi Dirut Bank BJB

Bank BJB mencatatkan aset Rp 120,7 triliun atau tumbuh 6,4 persen (yoy) pada kuartal II 2019, didukung penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 95,1 triliun atau tumbuh 7 persen.

Total penyaluran kredit meningkat 8,2 persen menjadi Rp 78,2 triliun dengan penopang utama kredit konsumer sebesar 54,1 triliun diikuti UMKM, korporasi dan komersial, serta KPR.

Untuk mendongkrak kinerja perusahaan, Bank BJB melakukan pengembangan digitalisasi produk dan layanan. Investasi yang digelontorkan sebesar 10 persen dari laba Bank BJB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com