Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Minta Ibu-ibu Beli Produk Lokal di e-Commerce

Kompas.com - 14/10/2019, 21:09 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan e-commerce kian memudahkan proses transaksi jual-beli. Pasalnya, tidak hanya menguntungkan pihak pedagang dan konsumen, keberadaan plaform ini pun bisa menggeliatkan pertumbuhan industri logistik.

Namun demikian, bukan berarti keberasaan e-commerce lepas dari masalah. Munculnya platform-platform penjualan online yang melayani jasa cross border (antar negara), turut berkontribusi terhadap melonjaknya impor dalam negeri.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pun meminta agar konsumen e-commerce membelanjakan uangnya untuk produk-produk dalam negeri.

Baca juga: Mendag Ingin Ada Hari Khusus e-Commerce Jual Produk Lokal

Menurut dia, kualitas produk dalam negeri tak kalah bagus dengan produk impor.

"Ibu-ibu belanjalah produk lokal. Pakai produk lokal keren dan tidak usah lagi belanja yang branded. Itu bahkan mulai dari aksesoris, tas-tas yang dari eceng gondok, dari berbagai hal, itu bagus," ujar dia di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Selain itu, dia pin meminta platform e-commerce untuk mengadakan kampanye satu hari khusus menjual produk-produk lokal. Menurutnya, dengan demikian daya saing produk lokal bisa meningkat jika dibandingkan dengan pelaku usaha lokal dan internasional.

"Tolong penuhi juga pasar dalam negeri kita dengan produk-produk lokal kita. Ada baiknya secara bersama-sama sehari saja dalam sebulan hanya menjual produk lokal, benar-benar lokal," ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com