Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kejar Pembangunan Pangkalan Nelayan di Natuna

Kompas.com - 07/01/2020, 16:53 WIB
Wayan A. Mahardhika,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah segera mempercepat pembangunan pangkalan nelayan di Natuna.

Ini dilakukan untuk merespon kapal asing asal China yang mencuri ikan di perairan Natuna.

Luhut mengakui bahwa pembangunan pangkalan nelayan merupakan proyek lama yang kunjung belum selesai. Namun dirinya berjanji bahwa tahun ini pangkalan tersebut akan selesai.

" Sudah bertahun-tahun kita persiapkan nelayan kita. Tapi pangkalan nelayan di Natuna tidak pernah siap. Sekarang akan kita paksa. Saya sudah bicara dengan menteri KKP, dan ini harus siap tahun ini," ucapnya saat ditemui di Kantornya Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Dianggap Tak Tegas soal Natuna, Ini Kata Luhut

Menurutnya, selama ini banyak nelayan Indonesia yang kesulitan melaut ke perairan Natuna untuk mencari ikan, yang menyebabkan kapal China sering mencuri ke Natuna.

Luhut mengatakan pangkalan tersebut nantinya ditunjukan untuk nelayan pantai Utara (jawa) dan Sumatera yang ingin menangkap ikan di Natuna.

"Nelayan dari pulau Jawa utara dan Sumatera ke sana tidak pernah jalan mengambil ikan di perairan ZEE Natuna, sekarang kita akan benerin," ucapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com