Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Tunjuk Bio Farma Jadi Induk Holding BUMN Farmasi

Kompas.com - 04/02/2020, 18:18 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi membentuk holding BUMN farmasi.

Sebagai induk perusahaannya, Erick telah menunjuk PT Bio Farma. Selain Bio Farma, holding farmasi itu berisi PT Kimia Farma Tbk, PT Indonesia Farma Tbk.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, holding BUMN farmasi itu telah dibentuk Erick sejak akhir Januari 2020 lalu.

“Jadi ini KPI kami juga berhasil buat sub holding (farmasi). (Pembentukannya berdasarkan) Kepmen No 862/kmk.06/2019,” ujar Arya di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Baca juga: BUMN Farmasi Difokuskan Kembangkan Pabrik Bahan Baku Obat

Arya menjelaskan, pembentukan holding farmasi ini dilakukan karena melihat semakin pesatnya pertumbuhan industri tersebut.

“Pertumbuhan biaya kesehatan negara hampir selalu dua kali lipat dari pertumbuah ekonomi negara. Jadi kalau Indonesia (pertumbuhan ekonominya) 5 persen maka biaya kesehata dua kali lipatnya. Jadi industri farmasi prospeknya besar banget,” kata Arya.

Selain itu, lanjut Arya, holding farmasi ini diharapkan mampu menekan impor. Dengan begitu, neraca perdagangan Indonesia bisa lebih baik lagi ke depannya.

“Dengan subhoding ini terbangun kemandirian obat dan alat (kesehatan) yang sampai hari ini 90-94 persen masih impor, sementara Indonesia ini sumber keanekaragaman hayati, jadi bisa diodiversiti,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com