Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Berinvestasi Surat Berharga, Simak Tips Ini

Kompas.com - 15/09/2020, 20:50 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank BNI Syariah melakukan sosialisasi produk investasi surat berharga syariah negara ritel atau Sukuk Ritel SR-013.

Sosialisasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan literasi dan memperkenalkan instrumen investasi perbankan yang aman dan sesuai prinsip syariah.

Financial Trainer Founder & CEO OM Financial Ligwina Hananto mengatakan, perencanaan investasi dan pengaturan keuangan yang dimulai sejak muda perlu dilakukan agar ke depannya memiliki kemandirian finansial.

Baca juga: Beli Sukuk Ritel SR-013 Bisa Lewat Mobile Banking

Ligwina menjelaskan, investasi dapat dilakukan apabila berbagai kewajiban seperti utang, cicilan, dan uang kebutuhan rutin harian sudah dialokasikan dengan baik.

Adapun rasio investasi yang sehat menurut Ligwina adalah 10 persen sampai dengan 30 persen dari penghasilan perbulan.

Investasi yang berisiko rendah adalah produk perbankan yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) seperti tabungan dan deposito, serta produk investasi yang diterbitkan oleh negara seperti satunya surat berharga,” kata Ligwina melalui siaran media, Selasa (15/9/2020).

Analis Senior Pengelolaan Transaksi SBSN Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Ricky Gigih Prayoga mengimbau agar investor muda dari generasi milenial dapat berinvestasi melalui instrumen surat berharga negara (SBN), seperti Sukuk Negara Ritel seri SR013.

Baca juga: Pemerintah Terbitkan Sukuk Ritel SR013, Imbal Hasil 6,05 Persen

Selain aman, Sukuk Ritel mempunyai keuntungan tingkat imbal hasil 6,05 persen per tahun yang dibayar per bulan dengan pajak 15 persen dari imbalan. Dengan membeli Sukuk Ritel, maka masyarakat turut berkontribusi terhadap pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.

“SR013 merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang mudah dibeli melalui online, aman karena diterbitkan pemerintah dan dijamin Undang-Undang, serta terjangkau,” kata Gigih.

Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi mengatakan saat ini sudah 297 nasabah yang membeli Sukuk Ritel SR-013 senilai Rp 41 miliar. BNI Syariah mentargetkan penjualan Sukuk Ritel SR-013 mencapai Rp 75 miliar.

“Jumlah nasabah yang tertarik terhadap instrumen investasi Sukuk Ritel SR-013 ini cukup banyak. Dengan masuknya BNI Syariah sebagai mitra distribusi baru ini bisa mendiversifikasi kebutuhan produk perbankan khususnya investasi nasabah,” tegas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com