Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Subsidi Gaji Sangat Membantu Biaya Sekolah Anak Saya"

Kompas.com - 07/10/2020, 07:54 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengunjungi pekerja yang menerima program bantuan pemerintah berupa subsidi gaji di Citeureup, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/10/2020).

Salah seorang pekerja yang dikunjunginya bernama Herningsih (38). Herni sapaan akrabnya diketahui merupakan pekerja di PT Wacoal Indonesia. Dia merupakan penerima subsidi gaji pada tahap pertama.

Kepada Menaker, Herni pun mengungkapkan rasa syukur atas bantuan subsidi gaji yang diterimanya. Menurut dia, bantuan subsidi gaji ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan keluarganya, terlebih saat kondisi ekonomi yang tengah lesu akibat pandemi covid.

"Alhamdulillah. Bagi saya, ini sangat bermanfaat banget, ya. Apalagi anak saya empat," kata Erni dikutip dari keterangan tertulis Kemenaker, Rabu (7/10/2020.

Baca juga: Mengintip Cara Pengusaha Kopi Tetap Cuan di Tengah Pandemi

Herni juga mengatakan dana subsidi gaji yang diterimanya dialokasikan untuk membayar biaya sekolah anaknya yang baru masuk SMP dan SMA. Selebihnya, sambung dia, untuk keperluan yang lain.

"Itu (subsidi gaji) sangat membantu untuk biaya sekolah anak saya. Jadi terus terang itu bermanfaat banget," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menaker Ida berharap program bantuan subsidi gaji mampu meningkatkan daya beli masyarakat sehingga mendorong konsumsi selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Apa Benar UMK Dihapus? Ini Penjelasan Menaker

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah menyalurkan subsidi gaji secara total kepada 11,4 juta lebih calon penerima atau 98,42 persen yang merupakan pekerja swasta berpenghasilan di bawah Rp 5 juta serta terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan hingga 30 Juni 2020.

Sementara data penerima subsidi gaji yang telah terverifikasi oleh BPJS Ketemagakerjaan mencapai 12,4 juta orang. Anggaran yang dialokasikan untuk subsidi sendiri mencapai Rp 37,7 triliun. Sisa anggaran ini nantinya akan disalurkan kepada gunu honorer serta guru agama dengan program bantuan yang sama.

Baca juga: Cek Rekening, Subsidi Gaji 618.588 Pekerja Ditransfer Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com