Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Bakal Diakuisisi Induk Shopee, Ini Jawaban BACA

Kompas.com - 16/02/2021, 06:06 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Sea Group, induk perusahaan e-commerce Shopee dikabarkan tengah membidik untuk mengakuisisi bank lagi di Indonesia setelah menguasai mayoritas saham Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE).

PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA) dan PT Bank Bank Bumi Artha Tbk (BNBA) disebut dua bank yang diminati Sea Group.

Namun, dalam jawaban atas permintaan penjelasan dari Bursa Efek Indonesia, Bank Capital menampik kabar tersebut.

Baca juga: Kabar Induk Usaha Shopee Akuisisi Bank BKE, Bakal Jadi Bank Digital?

Dalam surat yang diteken Direktur Utama Bank Capital Indonesia Wahyu Dwi Aji dan Direktur Bank Capital Gunarto Hanafi tersebut dijelaskan bahwa perseroan tidak mengetahui jika Sea Group ingin masuk jadi investor mereka.

"Perseroan tidak mengetahui adanya informasi tersebut," sebutnya dalam keterbukaan informasi di Bursa, Senin (15/2/2021).

Bank Capital juga menyampaikan bahwa saat ini tidak ada informasi atau kejadian penting lainnya yang material dan dapat memengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat memengaruhi harga saham perseroan.

Bank Capital merupakan kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II dengan modal inti di bawah Rp 2 triliun. Sementara aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharuskan bank umum memiliki modal inti minimum Rp 3 triliun pada akhir 2022 dimana akhir tahun ini sudah harus dipenuhi minimum Rp 2 triliun.

Per September 2020, Bank Capital Indonesia baru memiliki modal inti sebesar Rp 1,24 triliun. Bank Capital sebelumnya telah mendapatkan restu dari pemegang saham untuk melakukan rights issue dengan target menghimpun dana sebesar Rp 2 triliun pada Desember 2020 tetapi belum terlaksana. (Dina Mirayanti Hutauruk)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bank Capital (BACA) jawab kabar bakal diakuisisi oleh Sea Group

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com