Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Kesepakatan Perdagangan Dicapai dalam INACEE Business Forum

Kompas.com - 10/10/2021, 20:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Hubungan perdagangan antara Republik Indonesia dan negara-negara kawasan Eropa Timur terus mengalami perkembangan signifikan.

Berbagai penandatanganan kerja sama maupun upaya menemukan pasar baru terus dijalin untuk meningkatkan nilai perdagangan antara Indonesia dan negara-negara Eropa Timur, terlebih khusus Bulgaria.

Salah satu realisasinya adalah penandatanganan letter of intent (LoI) kerja sama antara PT Rodamas Inti Internasional dan PICCO, Ltd Bulgaria dalam pembelian produk kelapa, khususnya tepung kelapa dan produk Sasa lainnya.

Baca juga: Lewat Perjanjian Dagang, Mendag Optimistis Perdagangan RI-Australia Bakal Menggeliat

Hal itu dilakukan di sela pelaksanaan Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum (INACEE Business Forum) di Jakarta, pekan lalu.

“Penandatanganan kerja sama kedua pihak ini sangat menggembirakan. Kami optimistis tindak lanjut kesepakatan ini dapat menyumbang angka perdagangan per tahun antara 1 juta dollar AS-1,5 juta dollar AS,” kata Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta, dalam keterangan resminya, Jumat (8/10/2021).

Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum (INACEE) 2021 merupakan sebuah forum bisnis yang diinisiasi Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri dengan tema ‘Doing Business with Indonesia: Asia’s Economic Powerhiuse’.

Iwan Bogananta melanjutkan, selain kerja sama antara Rodamas dan PICCO, ada pula penanatanganan kesepakatan antara Idea Group Bulgaria dan pengusaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia.

“Kami senang adanya deal antara kedua pihak, terutama adanya pembelian bulu mata dan saus barbeque lokal asal Yogyakarta,” kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com