Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Maksimalkan Akun LinkedIn untuk Kemajuan Karier

Kompas.com - 11/12/2021, 20:51 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Punya akun LinkedIn? Media sosial ini memiliki banyak kegunaan, terutama untuk mengembangkan dan memajukan karier kamu.

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar untuk menemukan pekerjaan yang tepat, menghubungkan para profesional karier dan bisnis, sampai mempelajari keterampilan yang kamu butuhkan untuk meraih kesuksesan.

Jadi, jika memiliki akun LinkedIn, jangan dibiarkan menganggur. Maksimalkan untuk mencari maupun menemukan peluang karier sesuai minat, serta menambah relasi atau networking.

Berikut cara memaksimalkan akun LinkedIn untuk kemajuan karier, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Isi data diri dengan lengkap

Coba cek akun LinkedIn kamu, sudahkah memuat data diri secara lengkap? Jika belum, segera lengkapi. Sebab, ini penting untuk mendapatkan peringkat all star.

Baca juga: Tips Memulai Investasi Saham yang Benar

Pengguna dengan peringkat all star atau data diri lengkap akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian LinkedIn. Dengan begitu, peluang untuk memperoleh pekerjaan lebih besar dibanding mereka yang belum mengisi data diri lengkap.

Untuk mencapai status tersebut, kamu harus melengkapi semua data diri, antara lain foto profil, ringkasan, keterampilan, pengalaman, industri dan lokasi, pendidikan, serta koneksi.

2. Promosikan diri

Di bawah foto profil, kamu dapat mempromosikan diri. Isinya dapat berupa posisi pekerjaan saat ini ataupun bidang yang dikuasai atau diminati.

Ini sama seperti menuliskan headline. Headline ini yang akan mempermudah seseorang menemukan profesional yang tepat. Contoh, kamu bisa menuliskan content writer/former journalist/writing/editing.

Dengan begitu, bila ada recruiter atau orang lain yang mencari keyword content writer di mesin pencarian LinkedIn, profil kamu bisa muncul sebagai bagian dari profesional yang mereka cari.

3. Rajin unggah hasil karya atau portofolio kerja

Layaknya media sosial, LinkedIn dapat digunakan untuk memposting aneka konten. Dapat berupa artikel, foto atau gambar, maupun video. Membagikan postingan milik orang lain juga bisa.

Namun sebaiknya unggah konten yang berhubungan dengan karier, keterampilan karier, cerita dan pengalaman profesional soal pekerjaan, pendidikan, dan lainnya.

Baca juga: 7 Manfaat Memiliki Tabungan Bisnis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com