Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Difasilitasi Madeinindonesia.com, Beberapa UMKM Bersiap Masuk Pasar Ekspor

Kompas.com - 20/12/2021, 14:02 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pelaku usaha UMKM bersiap untuk melakukan ekspor ke luar negeri dengan difasilitasi oleh platform B2B lintas negara, Madeinindonesia.com.

 

CEO Madeinindonesia.com Ilyas Bhat menuturkan UMKM yang akan difasilitasi untuk ekspor ini di antaranya produk seafood dari Bali dan produk sepatu dan fashion dari Bandung, Jawa Barat.

Di sisi lain ada lebih dari 4-5 merek yang sedang dalam proses untuk dikirim ke pembeli di luar negeri, termasuk pakaian anak dan produk keperluan untuk bayi.

Baca juga: OCBC NISP dan KG Media Cari UMKM Jagoan Lokal Lewat Program #ONPreneurship

“Kami mengajak mereka [pelaku UKM] untuk menghubungi kami agar kami bisa menghubungkan mereka dengan calon pembeli internasional. Kami akan membantu mereka dengan menyediakan berbagai bentuk fasilitas,” kata Ilyas dalam keterangan resmi, Jumat (17/12/2021).

Menurut Ilyas, pengiriman atau ekspor ini akan berlangsung rutin. Adapun UKM yang difasilitasi untuk ekspor akan dikurasi dulu oleh Madeinindonesia.com.

Menurut Ilyas beberapa UKM tanah air telah menikmati hasil dari kegiatan ekspor. Hingga kuartal III tahun ini, madeinindonesia.com lebih memfokuskan diri pada memperkuat sisi supply, yakni mendorong pengusaha dan produsen Indonesia untuk bergabung di B2B e-commerce ini.

Sementara untuk saat ini, fokusnya bergeser ke penguatan permintaan. Sementara ini, kebanyakan permintaan datang dari negara-negara di Timur Tengah atau negara teluk, termasuk permintaan akan alas kaki, fesyen dan berbagai kategori seafood.

“Awal tahun depan, kami akan mulai menggarap pasar Amerika Serikat,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com