Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruan Daftar, Beasiswa LPDP Mulai Dibuka Hari Ini

Kompas.com - 25/02/2022, 11:15 WIB
Fika Nurul Ulya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dibuka mulai hari ini, Jumat (25/2/2022). Beasiswa akan dibuka hingga tanggal 27 Maret 2022.

Adapun untuk periode kedua, beasiswa LPDP dibuka pada 4 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022.

"Sekarang adalah giliran kamu. Silakan Anda semuanya mendaftar. Mari berkompetisi secara sehat dan terbuka," kata Sri Mulyani dalam pembukaan beasiswa LPDP, Jumat (25/2/2022).

Baca juga: Sri Mulyani kepada Penerima Beasiswa LPDP: Anda Berutang kepada Negara...

Nantinya akan ada 3 tahap seleksi, yaitu seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, serta seleksi substansi. Seleksi administrasi dimulai pada 28 Maret 2022.

Kemudian, hasil pengumuman disampaikan pada 12 April 2022. Lalu, seleksi bakat skolastik pada 18 April 2022 dan diumumkan pada tanggal 27 April 2022.

Sementara itu, seleksi substansi dilakukan pada 16 Mei 2022 - 25 Juni 2022 dengan hasil akhir pengumuman penerima beasiswa LPDP pada 30 Juni 2022.

"Kalau Anda mendapatkan award dari LPDP Anda menjadi salah seorang dari ribuan yang telah mendapatkan privilege. Kalaupun Anda belum mendapatkan dan gagal dalam kompetisi, tidak mencegah Anda untuk mencoba kembali," ucap Sri Mulyani.

Baca juga: Dana Abadi Beasiswa LPDP Tembus Rp 99 Triliun

Dia mengungkapkan, ada tiga kelompok penerima beasiswa LPDP. Kelompok pertama adalah beasiswa afirmasi yang ditujukan untuk kelompok tertentu, yakni disabilitas, peserta di daerah terpencil hingga terluar, penerima KKS, hingga penerima bidik misi ketika S1.

Menurut Sri Mulyani, mereka harus diberikan kesempatan yang sama maupun pemihakan dalam mengakses pendidikan yang layak. Saat ini, pemerintah menargetkan 96 kabupaten dan kota yang masuk dalam kategori 3T.

Baca juga: Panduan Daftar Beasiswa LPDP 2021 Khusus Keluarga Prasejahtera

"Program afirmasi kepada putra putri di Papua, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, itu masuk dalam klasifikasi yang berikan afirmasi. Kita harap instrumen LPDP bisa menjawab permasalahan tersebut," beber dia.

Kelompok kedua adalah beasiswa khusus untuk PNS maupun anggota TNI/Polri. Lalu yang ketiga adalah program beasiswa reguler dengan peminat paling banyak karena terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia.

"Selalu ada jalan yang terbuka bagi orang yang tidak pernah putus asa dan tidak menyerah untuk meraih mimpinya," tandas Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com