Panduan Daftar Beasiswa LPDP 2021 Khusus Keluarga Prasejahtera

Kompas.com - 30/08/2021, 12:08 WIB
Beasiswa Kemendikbud LPDP Dok. KemendikbudBeasiswa Kemendikbud LPDP


JAKARTA, KOMPAS.com – Pendaftaran Beasiswa LPDP 2021 Tahap 2 masih dibuka seiring jadwal pendaftaran yang sedang berlangsung, termasuk untuk beasiswa khusus keluarga prasejahtera.

LPDP memang membuka program khusus untuk keluarga prasejahtera yang diberi nama Beasiswa Prasejahtera. Program ini dibuka agar masyarakat miskin bisa mendapat biaya pendidikan untuk kuliah.

Berikut ini panduan daftar LPDP 2021 khusus program Beasiswa Prasejahtera selengkapnya, dikutip dari Booklet Beasiswa Prasejahtera Tahun 2021 Tahap 2.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP 2021 Masih Dibuka, Cek Syarat dan Jadwalnya

Apa itu Beasiswa Prasejahtera?

Sebelum mendaftar, sebaiknya pahami dulu penjelasan mengenai apa itu Beasiswa Prasejahtera. Berbeda dengan jenis Beasiswa LPDP lainnya, sasaran penerima Beasiswa Prasejahtera adalah masyarakat yang berasal dari keluarga miskin atau prasejahtera.

Terdapat sejumlah skema yang diberlakukan dalam program Beasiswa Prasejahtera. Beasiswa Prasejahtera disediakan untuk jenjang pendidikan magister satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 24 bulan.

Lebih lanjut, pendaftar BPI Prasejahtera yang telah mempunyai dan mengunggah LoA (Letter of Acceptance) Unconditional atau surat diterima di perguruan tinggi tujuan dengan tanpa syarat wajib memilih 1 Perguruan Tinggi Tujuan Dalam ataupun Luar Negeri sesuai dengan daftar Perguruan Tinggi LPDP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan pendaftar BPI Kelompok Prasejahtera yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.

Baca juga: Panduan Daftar Beasiswa LPDP 2021 Khusus PNS dan TNI-Polri

Adapun pendaftar BPI Prasejahtera yang ditetapkan lulus seleksi sebagai Calon Penerima Beasiswa dapat mengikuti Program Pengayaan.

Biaya yang didapat dari Beasiswa Prasejahtera

Terdapat sejumlah komponen biaya yang diberikan untuk penerima program Beasiswa Prasejahtera yang terdiri dari biaya pendidikan, biaya pendukung, dan biaya pengayaan. Dari komponen tersebut, biaya pendidikan dan biaya pendukung memiliki rincian lebih lanjut.

Berikut rincian biaya pendidikan yang ditanggung LPDP melalui program Beasiswa Prasejahtera 2021:

  1. Biaya Pendaftaran
  2. Biaya SPP/Tuition Fee
  3. Tunjangan Buku
  4. Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
  5. Biaya Seminar Internasional
  6. Biaya Publikasi Jurnal Internasional

Baca juga: Dana Abadi LPDP Tembus Rp 70,1 Triliun, Guru dan Dosen Bakal Kecipratan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.