Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Salim Mau Caplok Saham BUMI Milik Grup Bakrie

Kompas.com - 09/10/2022, 20:43 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Grup Salim dipastikan akan ikut dalam eksekusi aksi penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement emiten Grup Bakrie PT Bumi Resources Tbk (BUMI) sebagai investor strategis.

Kelompok bisnis milik Anthony Salim itu akan masuk lewat dua perusahaan cangkang di luar negeri, yakni Mach Energy Limited (MEL) dan Treasure Global Investment (TGIL).

BUMI akan menerbitkan 200 miliar saham biasa seri C dengan harga pelaksanaan Rp 120 per saham. Rencana private placement akan dimintai persetujuan para pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang digelar pada Selasa, 11 Oktober 2022.

Dikutip dari Kontan, Minggu (9/10/2022), sebagaimana merujuk keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Mach Energy Limited ini akan mengambil 85 persen dari saham yang dilepas BUMI lewat private placement. Sisanya 15 persen akan diambil Treasure Global Investment.

Baca juga: Apa Arti Berhad, Sdn, dan Sdn Berhad pada Nama Perusahaan Malaysia?

Sementara, PT Aswana Pinasthika menggenggam 16,15 persen saham TGIL dan dikendalikan oleh Agoes Projosasmito. Sisanya 83,85 persen saham TGIL dikempit oleh Mach Energy Pte. Ltd, yang dikendalikan oleh Anthoni Salim.

Lewati aksi korporasi ini, BUMI berpotensi mendapatkan dana segar sebanyak-banyaknya Rp 24 triliun atau setara dengan 1,6 miliar dollar AS.

Nantinya dana hasil private placement ini bakal digunakan untuk penyelsaian kewajiban berupa pembayaran utang PKPU dan tambahan modal kerja serta pembayaran biaya-biaya terkait.

Baca juga: Jokowi Mau Suntik Proyek Kereta Cepat Pakai APBN Rp 3,2 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com