Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Ekspor Pertanian Oktober 2022 Naik 3,70 Persen

Kompas.com - 15/11/2022, 16:40 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor pertanian Indonesia pada Oktober 2022 mengalami peningkatan sebesar 0,43 miliar dollar AS atau 3,7 persen dibandingkan bulan sebelumnya (month to month).

Peningkatan ekspor pertanian itu didorong oleh ekspor komoditas hasil hutan bukan kayu seperti jagung dan sayur-sayuran.

"Kalau kita lihat secara tahunan antara Oktober 2021 dan Oktober 2022, sektor pertanian tumbuh 4,86 persen," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto dalam jumpa pers virtual, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: BPS: Neraca Perdagangan R1 Oktober 2022 Surplus 5,67 Miliar Dollar AS

Lebih lanjut dia membeberkan, jika dilihat dari perubahan secara bulanan (mtm), capaian ekspor pertanian ini terbilang baik. Sektor pertanian berada di peringkat kedua setelah sektor migas yang mengalami peningkatan 4,93 persen. Sementara industri pengolahan hanya meningkat 0,50 persen dan bahkan sektor tambang menurun 2,18 persen.

Secara kumulatif, kata Setianto, dari Januari hingga Oktober 2022, pertanian juga mengalami pertumbuhan sebesar 14,17 persen dengan total share 1,60 persen.

Ekspor nonmigas secara kumulatif dari Januari sampai Oktober 2022 naik hingga mencapai 94,46 persen.

"Pangsa pasar ekspor kita masih didominasi Tiongkok, India dan Amerika Serikat," katanya.

Baca juga: BPS Ungkap Ada Kenaikan Harga Tahu, Tempe, dan Beras

Perlu diketahui, secara keseluruhan, nilai ekspor pada Oktober 2022 ini mencapai 24,81 miliar dollar AS atau naik 0,13 persen apabila dibandingkan September 2022.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan, kenaikan ekspor merupakan salah satu target yang selama ini dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan pendapatan negara.

"Sampai sekarang program yang dicanangkan Kementan terkait peningkatan ekspor pertanian terus menunjukan peningkatan. Terlebih produksi komoditas pertanian dalam negeri terus naik. Hal ini perlu didorong dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani melaui upaya membuka pasar baru atau ekspor," jelasnya.

Baca juga: Erick Thohir: IOC dan FIFA Hadir di KTT G20 Bali, Dunia Dukung Kemajuan Olahraga RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com