Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Dunia Kerja, Lulusan Perguruan Tinggi Harus Miliki "Hardskill" dan "Softskills"

Kompas.com - 15/11/2022, 14:55 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk memasuki dunia kerja, para lulusan perguruan tinggi perlu memiliki hardskill dan softskill. Hal ini merupakan modal awal untuk menjawab kebutuhan dunia kerja saat ini.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah III Paristyanti Nurwardani mengatakan, mahasiswa harus meningkatkan hardskill dan softskills mereka dan mengembangkan konsep 6C yaitu Computational thinking, Creative, Critical thinking, Collaboration, Communication, dan Compassion.

“Agar bisa menjadi lulusan perguruan tinggi yang kompeten dan mampu bersaing secara global, para lulusan akademis harus tetap mau belajar, melengkapi kompetensi, gali potensi, dan berguru pada orang-orang hebat,” kata Paristyanti dalam siaran pers, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: Sandiaga Sebut Rangkaian KTT G20 Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja di Bali

Ketua Badan Pembina dan Ketua Yayasan Trisakti Djanadi Bimo Prakoso mengatakan, para lulusan akademisi juga harus bekerja dengan keras, cepat, tepat, jujur dan berdedikasi. Tak lupa untuk tetap menekankan landasan moral dan akhlak, sehingga tercipta generasi yang mampu bersaing dan tangguh.

“Alumni harus memperhatikan peraturan yang berlaku dan pengaruh ligkungan strategik nasional dan global, agar kita mampu bersaing di dunia ini. Proses pendidikan juga harus sejajar dengan kebutuhan dunia kerja, agar mampu mempersiapkan lulusan yang unggul dalam segala bidang,” ungkap Bimo.

Sementara itu, Rektor ITL Trisakti Tjuk Sukardiman mengatakan, kelulusan dari universitas merupakan langkah awal atau starting point untuk menghadapi pembelajaran yang sesungguhnya. Ia berharap dengan apa yang selama ini diajarkan di bangku kuliah, bisa memberikan kontribusi di masyarakat.

Dunia kerja dan bisnis kelak akan semakin kompetitif dalam banyak hal. Para lulusan universitas harus memiliki bekal hardskill dan softskill sebelum terjun untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” jelas Tjuk Sukardiman.

Baca juga: Ini Makna 3 Lidah Api di KTT G20 Bali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com