Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Sepekan Terkoreksi 2,42 Persen, Sentimen Global Jadi Penyebabnya

Kompas.com - 08/01/2023, 19:30 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 6.684,56 pada perdagangan Jumat (6/1/2023) lalu. Dengan posisi tersebut, maka indeks Bursa Efek Indonesia (BEI) terkoreksi 2,42 persen dibanding posisi akhir pekan sebelumnya.

Pada periode 2-6 Januari 2023, indeks bursa saham nasional sebenarnya hanya ditutup melemah dua kali. Namun, pada perdagangan Kamis (5/1/2023), IHSG terkoreksi dalam yakni sebesar 2,34 persen ke level 6.653,84.

Pelemahan signifikan itu dinilai disebabkan oleh sentimen global, yang menekan harga saham kapitalisasi pasar besar atau big caps. Pada hari perdagangan itu, 8 dari 10 big caps ditutup melemah.

"Ini turut mendorong penurunan IHSG secara signifikan," kata Research Analyst Infovesta Kapital Adivosori, Arjun Ajwani.

Baca juga: Daftar 10 Saham Paling Cuan dan Paling Boncos pada Pekan Pertama 2023

Salah satu sentimen global yang menekan saham big caps ialah fluktuasi harga minyak mentah dan batu bara dunia. Tercatat pada awal tahun ini harga batu bara dunia Newcastle terkoreksi cukup signifikan.

"Faktor ini berdampak terhadap penurunan saham energi secara rata-rata," ujar Arjun.

Baca juga: Cara Investasi Saham untuk Pemula, Tahapan hingga Modal

 


Selain itu, kenaikan kasus Covid-19 di China juga menjadi sentimen negatif bagi sektor energi. Pasalnya, sentimen itu menyebabkan ketidakpastian permintaan dari importir energi terbesar ini.

"Statement terbaru dari Direktur Pelaksana IMF yang memperingatkan akan ada resesi pada 3 kawasan ekonomi besar (AS, China, Uni Eropa) dan rilis FOMC Minutes yang semakin mempertegas langkah hawkish The Fed di tahun 2023 ini turut menambah sentiment negatif untuk IHSG," ucap Arjun.

Baca juga: Apa Itu Investasi Saham, Tips, Risiko, dan Keuntungannya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com