Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Beras Medium Bulog Bakal Dijual di Alfamart dan Indomaret Pekan Ini

Kompas.com - 08/02/2023, 13:14 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mendey mengatakan, beras Bulog kualitas medium bakal dijual di ritel Alfamart dan Indomaret dalam pekan ini.

Dia menjelaskan, pihaknya saat ini sedang membahas soal berapa banyak jumlah beras yang akan digelontorkan per masing-masing outlet lantaran jumlah outlet Alfamart dan Indomaret banyak tersebar di Tanah Air.

"Minggu ini karena lagi dihitung karena tersebar dan distribusi centernya ada dimana-mana. Bulog juga sudah siap menyuplai beras kualitas medium ini di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya saat peninjauan di Hypmart Puri Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Baca juga: Airlangga Minta Bulog Gelontorkan 555.979 Ton Beras Cadangan ke Pasar

Lebih lanjut Roy mengatakan selama 2 hari ini pihaknya baru menerima 150 ton beras khusus untuk Hypermart di Puri Jakarta Barat. Sementara jumlah beras yang sudah tersalurkan untuk ritel Ramayana, Indogrosir, dan Transmart sudah mencapai 200 ton beras.

Ihwal harga, Roy menyebutkan akan dijual Rp Rp 9.450 per kilogram atau Rp 47.250 untuk kemasan 5 kilogram.

Baca juga: Bos Food Station Optimis Harga Beras Medium Bisa Ditekan di Bawah Rp 9.000 per Kg

 


Sementara itu Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, alasan dipilihnya ritel modern sebagai tempat penyaluran beras adalah untuk memotong mata rantai yang membuat harga beras jadi mahal dan di sisi lain karena ritel modern ada di mana-mana.

"Nantinya akan tersedia beras Bulog ini di seluruh minimarket dengan harga yang sama untuk stabilitasi. Seluruh Indonesia anggota Aprindo semua laksanakan kegiatan ini dan Bulog akan memenuhi kebutuhan yang akan diminta Insha Allah. Ritel Indomaret dan Alfamart itu lebih dekat dengan masyrakat termasuk Transmart, jadi akan tersebar semuanya," kata Budi Waseso.

Baca juga: Bapanas Bakal Tetapkan Harga Acuan Pembelian Beras Medium, Sekitar Rp 9.000 per Kg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com