Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analisis IHSG Hari Ini, Simak Saham-saham yang Bisa Dicermati

Kompas.com - 07/03/2023, 06:38 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali pekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak kurang menggemberikan. Pada perdagangan Senin (6/3/2023) kemarin, indeks Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup melemah 6,64 poin atau 0,10 persen ke 6.807,00.

Praktisi sekaligus Founder WH Project William Hartanto mengatakan, tekanan jual pada saham-saham index movers semakin terasa. Pada perdagangan kemarin, indeks saham sempat melesat pada awal perdagangan, namun setelah itu bergerak sideways dan berakhir melemah.

"Hal ini sebenarnya sudah cukup terbaca, bahkan jika hanya fokus pada pergerakan IHSG secara teknikal dimana IHSG semakin jarang menyentuh resistance 6.950," kata dia, dalam risetnya, Senin.

Baca juga: Awal Pekan, IHSG Terkoreksi Tipis

Lebih lanjut Ia bilang, sejauh ini indeks saham masih bergerak sideways, dengan support di level 6.800. Jika IHSG kembali melemah dan meninggalkan level 6.800, maka secara teknikal terjadi perubahan dari sideways menjadi downtrend.

Dengan melihat sentimen tersebut, William memproyeksi, pada perdagangan Selasa (7/3/2023) hari ini indeks bergerak variatif cenderung melemah. Indeks acuan saham Bursa Efek Indonesia (BEI) diprediksi bergerak pada rentang 6.800-6.950.

"Persiapan support IHSG berikutnya pada 6.726," ujarnya.

Pada perdagangan hari ini, William merekomendasikan saham GDST (buy, support Rp 138, resistance Rp 155), GOTO (buy, support Rp 124, resistance Rp 133), MGRO (buy, support Rp 850, resistance Rp 925), dan INKP (buy, support Rp 7.550, resistance Rp 8.000)

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pola pergerakan IHSG saat ini masih menunjukkan kondisi sideways. Pada perdagangan hari ini, indeks saham akan mendapatkan sentimen dari rilis data cadangan devisa RI.

"Di mana diperkirakan masih dalam kondisi stabil dan terkendali, sedangkan masih tercatatnya capital inflow secara year to date juga turut memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG," tuturnya.

Dengan melihat sentimen tersebut, William bilang, IHSG berpotensi menguat hari ini. Menurutnya, indeks saham akan bergerak pada rentang 6.757-6.872.

Pada sesi perdagangan hari ini, William merekomendasikan saham UNVR, TBIG, TLKM, EXCL, TOWR, BBCA, BBRI, GGRM, dan HMSP.

Baca juga: Siap-siap, United Tractors Bakal Bagikan Dividen Rp 6.185 Per Saham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com