Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diluncurkan Besok, Mudik Gratis BUMN Bisa Diikuti 65.603 Orang

Kompas.com - 14/03/2023, 16:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal meluncurkan program mudik bersama BUMN pada Rabu (15/3/2023) besok. Lewat program ini masyarakat bisa mengakses mudik gratis saat Lebaran nanti.

Ia menjelaskan, program mudik bersama BUMN ini bertujuan mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi.

"Program mudik bersama menjadi upaya kita dalam membantu masyarakat untuk dapat mudik dengan aman dan nyaman," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/3/2023).

Baca juga: Mudik Gratis 2023 Dibuka Pukul 14.00 WIB Siang Ini, Simak Rute, Syarat, dan Cara Daftarnya

Dia mengungkapkan, program mudik gratis yang diikuti 24 BUMN ini, akan diberangkatkan dari berbagai titik, baik di terminal, stasiun, maupun pelabuhan. BUMN pun menyiapkan kuota untuk 65.603 pemudik, baik melalui bus, kereta api, dan kapal laut.

"Hal ini juga akan mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan para pemudik di jalan raya," kata Erick.

Ia menjelaskan, program mudik bersama BUMN tahun ini dipimpin oleh PT Jasa Raharja. Untuk armada bus dari Jakarta, rencananya diberangkatkan pada 18 April 2023 dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Baca juga: Anggarkan Rp 20 Miliar, Ditjen Hubdat Kemenhub Sediakan Kuota Mudik Gratis 2023 Sebanyak 24 Ribu

Sementara untuk moda transportasi kereta api rencananya diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada 15-16 April 2023. Ia pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini untuk bisa mudik dengan aman dan nyaman.

"Untuk mekanisme dan syarat pendaftaran akan kita sampaikan pada saat peluncuran program mudik bersama BUMN pada Rabu (15/3/2023)," tutupnya.

Baca juga: Pendaftaran Mudik Gratis untuk Warga ber-KTP Jateng Dibuka, Ini Linknya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com