Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Progres Terbaru Jalan Tol Puncak yang Telan Biaya Rp 24,37 Triliun

Kompas.com - 29/03/2023, 14:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan progres terbaru rencana pembangunan Tol Caringin-Cianjur yang akan menjadi jalan tol menuju Puncak Bogor,Jawa Barat.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, saat ini rencana pembangunan Jalan Tol Puncak sedang dilakukan penyusunan studi kelayakan (feasibility study/FS) oleh pemrakarsa.

"Saat ini sudah diberikan izin untuk kajian studi pada (pemrakarsa) PT Matrasarana Arsitama dan Swoosh Capital KFT," ujarnya saat RDP dengan Komisi V DPR RI, Selasa (29/3/2023).

Baca juga: Seputar Proyek Tol Puncak Bogor: Panjang, Rute dan Jadwal Pembangunan

Selain FS, tahun ini rencana pembangunan Jalan Tol Puncak juga akan dilaksanakan proses analisis dampak lingkungan (Amdal) dan Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT). Kemudian pada 2024 ditargetkan akan dilakukan pengadaan tanah dan detail engineering design (DED) dan pada 2026 baru bisa memulai konstruksi.

"Jalan Tol Caringin-Puncak-Cianjur telah tercantum dalam rencana umum jaringan jalan tol dengan target terbangun atau operasi pada periode hingga 2030-2034," ucapnya.

Sebagai informasi, pemerintah berencana membangun Jalan Tol Puncak ini untuk mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Baca juga: Jalan Tol Puncak Bogor Dinilai Bisa Mematikan Ekonomi Warga Setempat

Pasalnya, pemerintah telah mengupayakan berbagai hal untuk mengatasi kemacetan jalan raya Puncak seperti melakukan pelebaran jalan, namun kemacetan di kawasan ini masih terus mengular.

Jalan Tol Puncak sepanjang 51,8 kilometer ini rencananya akan dibagi menjadi 5 seksi dan akan membutuhkan biaya konstruksi sebesar Rp 24,37 triliun.

Adapun rincian biaya konstruksi yang dibutuhkan untuk masing-masing seksi, yaitu Seksi 1 sebesar Rp 3,15 triliun, Seksi 2 sebesar Rp 2,43 triliun, Seksi 3 sebesar Rp 8,02 triliun, Seksi 4 sebesar Rp 1,68 triliun, dan Seksi 5 sebesar Rp 9,07 triliun.

Baca juga: Pengamat: Ketimbang Bikin Tol Puncak Bogor, Mending di Titik Macet Dibuat Jalan Simpang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com