Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kripto Masih Merah, Cek Rincian Harga Bitcoin dkk Hari Ini

Kompas.com - 03/04/2023, 09:41 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto terlihat masih berkabut pada pagi ini, Senin (3/4/2023). Dilansir dari Coinmarketcap pagi ini, 9 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling suram adalah Dogecoin (DOGE) yang ambles 5,7 persen menjadi 7 sen per coin atau sekitar Rp 1.049 per coin (kurs Rp 14.599 per dollar AS). Kemudian, Cardano (ADA) melemah 2,13 persen menjadi 0,38 dollar AS per coin, dan Solana (SOL) melemah 2,1 persen menjadi 20,5 dollar AS per coin.

Ethereum (ETH) berada di level 1.790 dollar AS per coin atau melemah 1,2 persen, dan Bitcoin (BTC) turun 0,9 persen di level 28.111 dollar AS per coin. Polygon (MATIC) terkoreksi 0,9 persen di posisi 1 dollar AS per coin, sementara Binance Exchange (BNB) di level 313,5 dollar AS per coin atau melemah 0,27 persen. Sementara itu, Ripple (XRP) melonjak 3,1 persen pada harga 0,51 dollar AS per coin.

Baca juga: Bappebti Bakal Tambah Daftar Kripto, Banyak Koin Lokal

Pagi ini stablecoin atau mata uang kripto golongan mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS, seperti Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) bergerak melemah. USDT dan USDC turun masing-masing 0,02 persen dan 0,04 persen menjadi 0,9 dollar AS per coin.

Mengutip Cointelegraph, pasar menyaksikan krisis perbankan besar pada bulan Maret karena Silicon Valley Bank dan Signature Bank gagal dan Silvergate Bank memasuki likuidasi sebagai akibat dari kesulitan keuangan yang parah.

Di Eropa, pemerintah menengahi pengambilalihan paksa Credit Suisse oleh UBS. Namun, pasar ekuitas Amerika Serikat dan pasar saham Eropa menutup bulan ini dengan catatan positif.

Pasar kripto terguncang oleh volatilitas, tetapi Bitcoin naik sekitar 23 persen di bulan Maret. Ke depan, akan ada kenaikan Bitcoin pada bulan April dan data dari Coinglass menunjukkan bahwa bulan tersebut sebagian besar disukai pembeli,” seperti dikutip dalam laporan Cointelegraph.

Baca juga: Harga Kripto dalam Tren Penguatan, Waspadai Bull Trap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com