Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPJS Kesehatan Siapkan 5 Posko Mudik, Ini Lokasinya

Kompas.com - 06/04/2023, 16:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BPJS Kesehatan akan mendirikan 5 posko mudik dan 1 posko arus balik untuk memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat dapat menjalani mudik Lebaran dengan nyaman.

Lokasi posko kesehatan tersebut yakni di Terminal Pulo Gebang, rest area Tol Cikampek Km 57, rest area Tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Sementara posko arus balik terdapat di rest area Banjaratma Km 260B Brebes.

"Di posko-posko tadi itu bisa periksa kesehatan, tapi juga kita upayakan bisa pijat mesin biar orang mudik bisa segar dan nyaman. Kita sarankan pemudik itu tiap jam istirahat," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Baca juga: Jadwal Operasional BPJS Kesehatan Saat Libur Lebaran 2023

Posko mudik BPJS Kesehatan juga melayani tindakan yang bersifat darurat dan pemberian rujukan jika diperlukan.

Tersedia ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit jika harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menyiagakan tim Posko Terpadu Siaga Ramadhan dan Idul Fitri (Posko RAFI).

Baca juga: Mudik Lebaran 2023, Cas Mobil Listrik di SPKLU Rest Area Cuma 15 Menit


Nantinya, kata Ghufron, tim tersebut akan melakukan pemantauan terhadap sistem teknologi informasi dalam pelayanan, penanganan kendala sistem, menjaga perlindungan data pribadi hingga keamanan siber dari upaya akses ilegal.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan memastikan selama libur Lebaran 2023, peserta JKN tetap bisa mengakses pelayanan khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan administrasi.

"Pada prinsipnya, BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan Program JKN. Artinya, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun, termasuk saat libur Lebaran," ujar Ghufron.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Cikampek Didiskon 20 Persen Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Lebih lanjut kata Ghufron, untuk dapat mengakomodir berbagai kebutuhan peserta, BPJS Kesehatan juga menerapkan piket layanan khusus di kantor cabang.

Layanan tersebut dimulai pada periode 19-21 April dan 24-25 April, pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Selama masa libur Lebaran, BPJS Kesehatan juga telah membuka 955.429 kanal pembayaran yang bisa dimanfaatkan peserta untuk membayar iuran kepesertaan JKN.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Cikampek Didiskon 20 Persen Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com