Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IFG Targetkan 1.850 Peserta Mudik Gratis, Cek Cara Daftarnya

Kompas.com - 08/04/2023, 10:19 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN asuransi, penjaminan dan investasi Indonesia Financial Group (IFG) kembali membuka mudik gratis bagi masyarakat melalui program mudik bersama BUMN.

Program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan didukung oleh IFG dan Anak Perusahaan (PT Jamkrindo, PT Askrindo dan PT Jasindo) ini mengambil tema "Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023".

Direktur SDM IFG yang juga membawahi fungsi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Rizal Ariansyah mengatakan, pihaknya menargetkan kurang lebih 1.850 orang peserta dalam program mudik gratis tersebut.

"Anak usahanya akan memberangkatkan total 1.850 orang pemudik menggunakan 39 armada bus eksekutif," kata Rizal dalam keterangannya, Sabtu (8/4/2023).

Baca juga: Masih Ada Kuota, Simak Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub dengan Kereta Api dan Kapal Laut

Rizal mengatakan, program mudik gratis ini akan menuju ke beberapa kota yaitu Kuningan (via Cirebon), Pekalongan (via Tegal), Purworejo (via Purwokerto), Magelang (via Temanggung), Kudus (via Semarang), Yogyakarta (via Klaten), Wonogiri (via Solo) dan Surabaya.

"Tidak hanya sebatas moda transportasi saja, peserta mudik juga akan dibekali oleh perlindungan Asuransi Kecelakaan, konsumsi serta sarana prokes," ujarnya.

Rizal mengatakan, keberangkatan pemudik dijadwalkan akan dilaksanakan dalam 2 kloter yaitu 18 April 2023 yang rencananya akan dilepas secara simbolis oleh Menteri BUMN bertempat di Gelora Bung Karno, Jakarta dan pada 19 April 2022 dengan titik keberangkatan dari Senayan, Jakarta.

Daftar mudik gratis IFG

Ia mengatakan, syarat pendaftaran mudik gratis ini cukup mudah, pemudik hanya mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan/atau Kartu Keluarga (KK) serta telah memperoleh vaksinasi COVID-19.

Rizal mengatakan, pendaftaran untuk mengikuti program mudik ini dibuka dengan kuota terbatas yang dimulai dari 5 April 2023 sampai dengan kuota terpenuhi.

"Untuk turut serta dalam program mudik bersama tersebut, calon peserta cukup melakukan pendaftaran ke link website https://daftar.mudikbersamabumn.id dan memilih IFG Group sebagai BUMN penyelenggara," tuturnya.

Lebih lanjut, Rizal mengatakan, program mudik tersebut mengutamakan peserta dari golongan masyarakat yang kurang mampu sehingga diharapkan dapat memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik.

"Selain membantu masyarakat yang kurang mampu untuk kembali ke kampung halaman, adanya program ini juga diharapkan dapat mengalihkan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua agar lebih aman dan nyaman," ucap dia.

Baca juga: Berapa Zakat Fitrah 2023?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com