Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Data Center Diperkirakan Raup Pendapatan Rp 19,3 Triliun Tahun 2023

Kompas.com - 14/04/2023, 08:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis data center diperkirakan mampu meraup pendapatan senilai 1,3 miliar dollar AS di tahun 2023 yang setara dengan Rp 19,3 triliun (kurs Rp 14.880 per dollar AS). Hal ini seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi digital yang syarat dengan kebutuhan yang tinggi akan akses penyimpanan data.

Head of Singapore and Indonesia Markets (Cloud and Datacenter Industry) Sam Narby mengatakan, potensi pendapatan tersebut memberikan angin segar bagi kegiatan usaha data center, baik global maupun lokal.

"Dengan proyeksi pendapatan di pasar data center lokal yang mencapai 3,1 miliar dollar AS pada tahun 2023, Indonesia siap untuk terus tumbuh sejalan dengan perkembangan infrastruktur fisik dan digital yang memberikan peluang bagi kegiatan usaha lokal dan global," kata Narby dalam siaran pers, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Kurangi Konsumsi Listrik, Perusahaan Wajib Bangun Infrastruktur Green Data Center

Narby mengatakan, potensi pendapatan di sektor bisnis cloud juga didukung oleh besarnya populasi dan ruang terbuka untuk energi terbarukan, serta perkembangan peraturan, dan lokasi strategis Indonesia.

"Semuanya mengindikasikan pertumbuhan dan inovasi lebih lanjut, serta mendorong kerjasama regional," lanjut Narby.

Baca juga: Talenta Digital Data Center RI Masih Minim, Padahal Potensi Industrinya Besar

Head of Brand and Marketing, Mitsubishi Heavy Industries Engine System Asia Christopher Ng mengungkapkan, prospek data center di Indonesia semakin menarik di masa depan.

Untuk itu penting melakukan diskusi bersama dengan para pemain industri data center, berkaitan dengan tren industri dan landscape industri data center di masa depan.

"Kami berharap ada peluang bagi kami untuk membangun komitmen terhadap catu daya berkelanjutan yang tidak pernah terputus, diman permintaan industri data center terus tumbuh," ujar Christopher Ng.

Baca juga: Didorong Bisnis E-commerce, Pasar Data Center RI Diproyeksi Mencapai 2,4 Miliar Dollar AS pada 2027


Menjawab besarnya pendapatan domestik untuk bisnis cloud, perusahaan media teknologi global W.Media akan menyelenggarakan rangkaian roadshow Internasional Cloud & Datacenter Convention 2023 tahunan yang mempertemukan 1.300 IT Professional, Head IT, IT Leader, Inovator dan semua yang terkait dengan sektor Data Center baik untuk End-Consumer hingga Principal Provider.

Acara yang dilangsungkan pada 11 Mei 2023 di Shangri-La Hotel Jakarta tersebut akan membahas masa depan industri data center, penerapan dan eksplorasi teknologi terbaru, berbagi pengalaman, wawasan dan prakti terbaik terkait dengan IT data center di Indonesia.

"Pembicara utama pada acara ini, akan menjabarkan tentang tren penting yang memiliki dampak pada data center dan perusahaan cloud di Indonesia, serta pengembangan energi, tenaga kerja hingga keamanan cyber," lanjut Narby.

Konvensi tahunan itu mengumpulkan para pemangku kepentingan dalam industri data center dan layanan cloud dan diselenggarakan di lebih dari 20 lokasi di seluruh dunia. Dengan konferensi ini, diharapkan bisnis data center mendapatkan wawasan terkait dengan pasar dan arah kemajuan pada industri ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com