Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Transaksi Bursa Naik, BEI: Selama Libur Lebaran Investor Mencerna Informasi

Kompas.com - 29/04/2023, 11:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam pekan pendek usai libur Lebaran, tepatnya pada perdagangan 26 April 2023 dan 27 April 2023, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami peningkatan sebesar 1,38 persen, yaitu pada posisi 6.915,716 dari posisi 6.821,807 pada pekan lalu.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan, setelah Lebaran tidak hanya IHSG yang menguat tetapi juga nilai transaksi harian yang meningkat. Kondisi ini dikontribusikan oleh aktivitas investor setelah libur 5 hari bursa.

“Selama libur bursa menyambut Lebaran tentu investor mendapat perkembangan berita dan informasi baik dari dalam dan luar negeri dan mem-factor in dalam perdagangan dua hari ini,” kata Jefferey kepada wartawan, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Indofood Beberkan 2 Alasan Produknya Aman meski Dilarang Taiwan

Dalam dua hari perdagangan pekan ini, nilai transaksi harian Bursa juga mengalami peningkatan sebesar 33,12 persen menjadi Rp 13,2 triliun dari Rp 9,9 triliun pada pekan sebelumnya.

Rata-rata volume transaksi harian Bursa selama sepekan turut mengalami kenaikan sebesar 26,09 persen menjadi 15,6 miliar saham dari 12,4 miliar saham pada pekan sebelumnya. Selanjutnya, rata-rata frekuensi transaksi harian Bursa mengalami peningkatan sebesar 24,85 persen menjadi 1.343.327 dari 1.075.980 transaksi pada sepekan sebelumnya.

Kapitalisasi pasar Bursa meningkat sebesar 1,21 persen menjadi Rp 9.790,23 triliun dari Rp 9.672,91 triliun pada penutupan pekan lalu. Jefferey juga mengatakan, sentimen positif dari rekomendasi para analis juga berhasil mendorong kenaikan kinerja pasar modal dalam pekan pendek ini.

“Kita melihat banyak analis juga memberikan rekomendasi positif pada pembukaan pasar pasca libur lebaran. Namun, seperti yang sudah sering kami sampaikan, kami selalu menyarankan investor untuk selalu berinvestasi secara rasional,” kata dia.

Baca juga: Wall Street Berakhir Hijau, Dow Jones Catat Kinerja Terbaik Selama Sebulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com