Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Pastikan PLN Tak Lagi Kelebihan Pasokan Listrik

Kompas.com - 12/06/2023, 20:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, surplus listrik yang dimiliki oleh PT PLN (Persero) sebesar 5 gigawatt akan terserap dan dipastikan tidak ada kelebihan pasokan (oversupply).

Hal tersebut disampaikan Luhut dalam sambutannya di agenda peluncuran Battery Asset Management Services Indonesia Battery Corporation yang berlangsung di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Senin (12/6/2023).

"Jadi kelebihan listriknya Pak Darmo (Dirut PLN) yang 5 gigawatt itu hampir terserap semua. Jadi, kita Pak Darmo mesti belikan saya bakso tahun depan karena investasi ini dia enggak ada kelebihan listrik lagi," kata dia.

Baca juga: Megaproyek 35 GW Dinilai Jadi Penyebab PLN Kelebihan Pasokan Listrik

Penyerapan energi listrik itu lanjut Luhut, dibantu oleh adanya investor baru yang akan membangun industri alumunium di Jawa Timur. Namun, dirinya tidak menyebut nama investor tersebut.

"Tadi saya dengan Pak Darmo berbicara ini ada investor baru yang ingin bikin alumunium industry di Jawa Timur, dia buka 4 gigawatt," ujarnya.

Dengan demikian, PLN bisa fokus terhadap pengembangan energi baru terbarukan (renewable energy).

"Jadi PLN pasti akan lebih sehat dan PLN nanti akan membangun lagi 2,5 gigawatt per tahun renewable energy. Jadi harus melihat satu ekosistem itu semua," ucap Luhut.

Dalam pemberitaan Kompas.com pada tahun lalu, polemik kelebihan pasokan listrik PLN kembali mencuat setelah pemerintah berencana menghapus listrik daya 450 Volt ampere (VA).

Baca juga: PLN Setor Dividen dan Pajak Rp 37,52 Triliun ke Negara

Tegangan ini lazim digunakan untuk golongan masyarakat tidak mampu. Nantinya, jika direalisasikan, pelanggan PLN 450 VA harus beralih ke daya minimal 900 VA. Masalah kelebihan pasokan memang sering terjadi dan sangat membebani keuangan PT PLN (Persero).

Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah dalam rapat panja pembahasan RAPBN 2023 di Gedung DPR RI mengungkapkan, tahun ini kondisi surplus listrik PLN mencapai 6 gigawatt dan akan bertambah menjadi 7,4 GW di 2023, bahkan diperkirakan mencapai 41 GW di 2030.

"Kalau nanti EBT masuk maka tahun 2030 PLN itu ada 41 giga oversupply. Bisa dibayangkan kalau 1 GW itu karena kontrak take or pay maka harus bayar Rp3 triliun, sebab per 1 giga itu (bebannya) Rp3 triliun," jelas dia dikutip pada Rabu (14/9/2022)

Oleh sebab itu, kelebihan suplai listrik tersebut akan semakin membebani PLN. Maka Banggar pun menilai pemerintah perlu menaikkan daya listrik penerima subsidi agar menyerap listrik PLN yang saat ini mengalami oversupply.

Baca juga: Laporan Tahunan PLN Disahkan, Jadi Kinerja Terbaik Korporasi Sepanjang Sejarah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com