Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SUPERAPPS

Grab Holdings Pastikan Karyawan Terdampak Restrukturisasi Dapat Bonus dan Pencairan Saham

Kompas.com - 21/06/2023, 19:15 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Chief Executive Officer (CEO) sekaligus Co-founder Grab Anthony Tan menyampaikan pesan untuk karyawan Grab atau Grabbers pada Rabu (21/6/2023).

Kepada Grabbers, Anthony mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir, perusahaan telah berupaya mengoptimalkan pengelolaan di seluruh lini operasional dan memaksimalkan platform. Hal ini meningkatkan pendapatan Grab sejak kuartal I 2022.

Namun, profitabilitas hanya merupakan satu langkah kecil untuk perjalanan panjang dalam menjawab tuntutan masa depan.

“Hari ini, saya harus menyampaikan berita yang mungkin sulit diterima. Dengan berat hati, Grab akan melepaskan sekitar 1.000 Grabbers,” ujar Anthony dalam pesannya yang juga diterima Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

Anthony mengakui bahwa perubahan bisnis tak pernah terjadi secepat ini sebelumnya. Oleh sebab itu, Grab terus berupaya beradaptasi mengikuti perubahan tersebut.

Hal ini membuat Grab harus meningkatkan biaya modal agar mampu bersaing. Terlebih, teknologi seperti generative artificial intelligence (AI),terus berevolusi.

“Beruntung, berkat kontribusi semua pihak, saat ini, Grab berada pada posisi terbaik untuk meraih peluang pertumbuhan baru,” ucap Anthony.

Anthony menjelaskan, dengan atau tanpa perampingan tersebut, Grab sudah berada pada jalur tepat untuk mencapai titik impas (breakeven) Group Adjusted Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) pada 2023.

Untuk mengoptimalkan peluang-peluang secara efektif, lanjut dia, Grab harus memadukan kompetensi yang dimiliki, eksekusi yang gesit, dan penyediaan layanan dengan biaya seefisien mungkin.

Oleh karena itu, Grab melakukan restrukturisasi. Langkah ini juga merupakan salah satu strategi untuk bergerak lebih cepat, bekerja lebih cerdas, dan melakukan pemerataan ulang.

Dengan upaya-upaya tersebut, Grab berharap dapat menyediakan layanan yang semakin terjangkau, memperluas penetrasi pasar, serta melayani mitra pengemudi dan merchant dengan lebih baik secara berkelanjutan.

Dukungan untuk karyawan yang terdampak restrukturisasi

Anthony mengakui bahwa perubahan merupakan hal yang sulit dilakukan. Perampingan merupakan keputusan berat yang harus diambil jajaran pemimpin Grab dengan hati-hati dan penuh pertimbangan.

“Saat ini, fokus utama kami adalah membantu rekan-rekan yang terdampak. Kami berkomitmen memberikan dukungan dan bantuan agar Grabbers dapat melalui masa transisi ini,” tutur Anthony.

Anthony memastikan bahwa pihaknya akan berusaha sebaik mungkin untuk mengurangi beban Grabbers yang terdampak dengan menyediakan dukungan finansial, profesional, dan medis.

Berikut adalah sejumlah dukungan yang diberikan Grab kepada karyawan yang terdampak perampingan.

  1. Pembayaran tunjangan pengakhiran hubungan kerja berdasarkan hitungan jumlah yang lebih besar. Tunjangan ini sebesar sekitar setengah bulan gaji untuk setiap 6 bulan masa kerja yang telah diselesaikan atau berdasarkan pedoman perundangan lokal.
  2. Pembayaran goodwill berupa bonus atau insentif dan ekuitas (saham).
  3. Pencairan cuti tahunan yang belum digunakan serta GrabFlex yang belum terpakai.
  4. Perpanjangan asuransi kesehatan dengan cakupan penuh yang berlaku sampai akhir tahun sesuai dengan ketentuan dan syarat perusahaan asuransi setempat.
  5. Pencairan cuti hamil atau melahirkan terhitung sejak tanggal terakhir bekerja bagi Grabbers yang sedang hamil atau Grabbers pria dengan istri yang sedang hamil.
  6. Bonus bagi Grabbers yang perannya dibutuhkan selama masa transisi.
  7. Dukungan keberlanjutan individu dan dukungan transisi karier berupa langganan LinkedIn Premium selama satu tahun, LinkedIn Learning selama satu tahun, dan dukungan berupa sesi pembinaan transisi karier dengan profesional berpengalaman.
  8. Dukungan psikologis berupa perpanjangan akses Grabber Assistance Programme hingga akhir 2023.
  9. Dukungan repatriasi bagi Grabbers yang memiliki izin kerja di negara lain.
  10. Opsi untuk memiliki laptop yang digunakan oleh Grabbers.

Anthony menyadari, berbagai dukungan tersebut tidak sebanding dengan kontribusi yang telah diberikan Grabbers.

“Kami mengucapkan terima kasih atas waktu, kontribusi, dan dampak positif yang Anda berikan kepada Grab. Saya pribadi akan selalu mengenang kebersamaan kita sebagai rekan satu tim,” imbuh Anthony. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com