Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letak Nomor Kartu ATM Mandiri, Jangan Keliru

Kompas.com - 22/06/2023, 12:37 WIB
Muhammad Idris

Penulis

 

KOMPAS.com - Nomor kartu ATM Mandiri adalah sebuah deretan angka yang berfungsi sebagai identifikasi bagi nasabah. Jumlah nomor kartu Mandiri berupa 16 digit angka.

Nah, bagi sebagian nasabah, mungkin masih bingung terkait fungsi nomor kartu debit Mandiri maupun letak dari nomor debit Mandiri tersebut.

Bagi Anda mayoritas pemilik rekening Mandiri, tentunya akan menerima kartu debit atau kartu ATM saat pembukaan rekening di kantor cabang. Nomor kartu ATM Mandiri ini bersifat sangat penting.

Ini karena nomor kartu Mandiri bisa dipakai untuk mengakses berbagai layanan yang disediakan bank pelat merah tersebut. Selain itu, nomor kartu debit Mandiri juga bersifat sangat rahasia.

Baca juga: 2 Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BRI

Sehingga bagi Anda pemegang kartu ATM, sebaiknya tidak menginformasikan nomor debit Mandiri kepada orang lain agar keamanan rekening tetap terjaga dan tidak disalahgunakan.

Fungsi dan letak nomor kartu ATM Mandiri

Bagaimana cara mengetahui nomor kartu ATM Mandiri? Sebagaimana yang berlaku pada kartu ATM bank lain, nomor kartu debit Mandiri terletak di bagian depan kartu.

Mengutip laman resmi Bank Mandiri, untuk cek nomor kartu ATM Mandiri, nomor kartu Mandiri terletak di bagian depan dengan jumlah 16 digit yang dicetak cukup besar.

Gampangnya, nomor kartu debit Mandiri ini terletak persis di bawah microchip yang biasanya berwarna kuning keemasan atau terkadang berwarna putih silver.

Sementara untuk 16 deret angka nomor debit Mandiri, lazimnya akan dicetak dengan font berwarna putih atau hitam.

Baca juga: Apa Itu CVV, Tiga Digit Terakhir di Belakang Kartu ATM?

Terkadang, warna font nomor kartu ATM Mandiri bisa disesuaikan dengan warna kartu yang dipilih. Selain itu, seringkali nomor debit dicetak timbul sehingga tetap terbaca meski warnanya sudah luntur.

Di bagian depan kartu, selain nomor debit Mandiri, juga terdapat keterangan lainnya. Secara umum, berikut beberapa informasi yang terdapat di bagian depan kartu:

  1. Logo Bank Mandiri
  2. Nomor kartu debit Mandiri
  3. Chip
  4. Masa berlaku kartu
  5. Logo prinsipal seperti Visa, MasterCard, hingga GPN
  6. Nama nasabah (biasanya nama nasabah di kartu ATM merupakan sabagai salah satu opsi yang ditawarkan pihak bank kepada nasabah)

Nomor kartu ATM Mandiri, atau juga biasa disebut nomor kartu debit Mandiri, terdiri dari 16 digit angka di bagian depan.Tangkapan layar laman resmi Bank Mandiri Nomor kartu ATM Mandiri, atau juga biasa disebut nomor kartu debit Mandiri, terdiri dari 16 digit angka di bagian depan.

Nomor kartu Mandiri berbeda dengan CVV

Bagi sebagian orang, mungkin seringkali keliru dan tidak bisa membedakan antara nomor kartu ATM Mandiri dengan kode CVV. Jika nomor kartu Mandiri ada di bagian depan, nomor kode CVV ada di sisi belakang kartu.

Baca juga: Mengenal Nomor Kartu ATM dan Fungsinya

Sebagai informasi saja, Kode CVV terdiri dari 3 digit angka yang merupakan salah satu informasi yang bersifat rahasia dan digunakan saat nasabah bertransaksi atau pembayaran secara online.

CVV merupakan kependekan dari Card Verification Value. Nama lain dari CVV adalah CVC atau Card Verification Code. CVV dan CVC bisa dibilang sama saja, karena yang membedakan adalah perusahaan jaringan pembayaran yang jadi penerbitnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com