Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kopi Asal Indonesia Dipamerkan pada Finland Festival 2023, Langsung Laris Diserbu Pengunjung

Kompas.com - 27/06/2023, 13:25 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com Kopi Geulis Sumedang asal Indonesia lagi-lagi berhasil dilirik pasar global. Paling baru, kopi yang memiliki aroma dan cita rasa yang khas ini berhasil menarik pengunjung dan meraih respons positif pada kegiatan Indonesia Finland Festival 2023.

Kopi Geulis Sumedang mendapatkan perhatian terbesar dari pengunjung yang antusias mencicipi kopi di booth dari kegiatan yang diinisiasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Helsinki, Finlandia tersebut pada 10 Juni 2023.

Kopi berjenis arabika tersebut mewakili Indonesia berpartisipasi pada kegiatan Indonesia Finland Festival pada awal Juni 2023.

“Kopi yang kami bawa habis sebelum acara festival berakhir,” ujar Ai Awang selaku pimpinan Kopi Geulis Sumedang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/6/2023).

Ai mengatakan, Duta Besar (Dubes) RI mengapresiasi Bupati Sumedang dan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian (Kementan) yang telah membantu pengembangan kopi nasional dan mendorong promosinya di tingkat internasional.

Baca juga: Petani Kopi Sumedang Dapat Bantuan Mesin Produksi dan Pelatihan

Selain Kopi Geulis Sumedang yang menjadi delegasi RI dari kalangan pelaku usaha kopi, hadir pula partisipan kesenian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan partisipan exhibition dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang melalui kopi dan Pemkab Depok melalui UMKM Craft.

Dubes RI berharap, promosi kopi nasional bisa terus digencarkan pada tahun depan. Ia ingin usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa lebih eksis. Tim promosi dari beberapa daerah juga diharapkan bisa berpartisipasi aktif untuk mendukung produk-produk kopi nasional.

Sebagaimana diketahui, Finlandia memiliki karakteristik masyarakat yang sering berdiskusi, ngobrol atau bersantai di kafe dengan kerabat atau keluarga. Hal ini pun menjadi peluang kopi Indonesia agar bisa diterima masyarakat Finlandia.

Ditinjau dari kondisi geografis Finlandia yang beriklim dingin, minuman penghangat badan, seperti cokelat dan teh juga berpotensi untuk dapat dipromosikan dan diperdagangkan.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah mengapresiasi terlaksananya kegiatan promosi kopi Indonesia di Finlandia berat inisiatif KBRI Helsinki.

Baca juga: Ditjenbun Terus Dorong Standardisasi Kopi Nasional agar Tembus Pasar Eropa

“Kami berharap peran KBRI di berbagai negara tujuan ekspor Indonesia dapat berkontribusi dalam memperkenalkan ragam produk perkebunan Indonesia, apalagi jika negara-negara tersebut terlibat perjanjian bilateral atau setidaknya regional dengan Indonesia. Itu menjadi peluang akses pasar,” ujarnya.

Sebab, kata Andi, KBRI menjadi pintu gerbang utama Indonesia untuk masuk ke dunia Internasional. KBRI juga mengetahui informasi market intelligence untuk pasar komoditas sehingga perkebunan Indonesia bisa masuk lebih dalam lagi.

Strategi promosi

Andi menerangkan, strategi promosi komoditas perkebunan di pasar internasional ke depan tidak hanya bisa dilakukan dengan menunggu atau dengan jalur digital marketing saja.

Sebaliknya, kata dia, semua pihak harus berupaya untuk menjemput bola, datang ke lokasi negara, memamerkan produk, menjelaskan keunggulan nya dan uji rasa atau taste.

Baca juga: Percepat Peremajaan Sawit Rakyat, Ditjenbun Kementan Gandeng Stakeholder Kelapa Sawit

“Strategi seperti ini yang menurut hemat saya akan memiliki kemungkinan keberhasilan lebih besar untuk menggaet calon-calon investor atau calon-calon buyer luar negeri," ujarnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com