Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Lewat Creative Hub di Jakarta, Ninja Xpress Dorong Perkembangan UMKM

Kompas.com - 30/06/2023, 20:24 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi Ninja Express resmi membuka creative hub terbaru di Jakarta, tepatnya di Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Ninja Xpress membuat fasilitas tersebut untuk mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Lebih dari itu, creative hub juga bisa dipakai komunitas yang ingin mengembangkan kegiatan mereka.

"Melihat besarnya potensi pelaku usaha di Jakarta dan kota-kota lainnya, kehadiran creative hub diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam komitmen Ninja Xpress untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM di Indonesia,” ujar Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (30/6/2023).

Baca juga: Dorong Digitalisasi UMKM, Ninja Xpress Hadirkan Creative Hub di 10 Kota

Andi menjelaskan fasilitas yang disediakan pada creative hub, yakni studio untuk pengambilan foto dan video produk profesional, serta pelaksanaan live selling. Tempat tersebut juga bisa dipakai sebagai tempat penyelenggaraan acara, baik untuk UMKM maupun komunitas.

Creative hub diharapkan mampu menjadi pusat kolaborasi dan kreativitas yang mendorong pertumbuhan bisnis bagi para pelaku UMKM," tambahnya.

Sejak awal dibuka pada Maret hingga awal Juni 2023, creative hub di Pejaten sudah digunakan untuk melakukan lebih dari 800 pengambilan foto produk dan lebih dari 350 pembuatan video produk, serta dipakai oleh lebih dari 80 UMKM untuk melakukan foto dan video produk dan 5 UMKM melakukan live selling dengan durasi total lebih dari 10 jam.

Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa.Dok Ninja Xpress Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa.

Creative hub juga memiliki beberapa area, yakni Multifunction Space, Showcase Area, dan Outdoor Multifunction.

Andi menjelaskan, Multifunction Space merupakan ruang serbaguna yang mengadopsi gaya teater yang dapat menampung hingga 40 orang.

Area tersebut bisa digunakan oleh UMKM dan berbagai komunitas, seperti aktivis, seniman, akademisi, dan pengusaha untuk berbagai kegiatan.

Ada pula fasilitas tambahan, seperti peralatan teknis profesional, proyektor dan layar LED, serta sound system. Area yang sama juga dilengkapi dengan VIP Area yang lokasinya berdekatan dengan ruang serbaguna dan dapat digunakan sebagai tempat tunggu dan ruang pertemuan. Area ini dapat menampung hingga tujuh orang.

Sementara itu, Showcase Area berfungsi sebagai ruang pameran atau display untuk UMKM yang telah menjadi mitra Ninja Xpress sejak 2019.

Produk yang dipamerkan pun bervariasi, mulai dari fashion, aksesori, herbal, hingga makanan.

Kemudian, Outdoor Multifunction terletak di luar ruangan. Area ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan komunitas yang dapat menampung hingga 30 orang.

Area tersebut dilengkapi kolam renang dan berbagai macam tanaman.

Salah satu shipper Ninja Xpress, yaitu pemilik Cuamel, Avianty Utami, Owner Cuambel, menjelaskan bahwa keterbatasan sumber daya manusia (SDM) bukan lagi kendala untuk mengikuti tren penjualan terkini, seperti live selling.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com