Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Indonesia Naik Kelas, Pijakan Kuat Jadi Negara Maju pada 2045 | Harga Elpiji 5,5 Kg dan 12 Kg Turun

Kompas.com - 06/07/2023, 05:40 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

1. Indonesia Naik Kelas, Pijakan Kuat Jadi Negara Maju pada 2045

Upaya pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi Covid-19 membuahkan hasil positif. Tingkat pendapatan per kapita nasional mengalami peningkatan, sehingga Indonesia mampu kembali masuk ke dalam kelompok negara berpendapatan menengah ke atas.

Berdasarkan dokumen World Bank Group country classifications by income level for FY24, pendapatan nasional bruto (PNB) per kapita mencapai 4.580 dollar AS atau setara sekitar Rp 68,7 juta pada 2022. Nilai ini meningkat 9,8 persen dari tahun sebelumnya sebesar 4.170 dollar AS atau sekitar Rp 62,55 juta.

Dengan PNB per kapita tersebut, Indonesia kembali masuk ke dalam kategori negara berpendapatan menengah atas. Pada periode kali ini, ambang batas PNB per kapita negara berpendapatan menengah atas ialah sebesar 4.466 dollar AS.

"El Salvador, Indonesia, serta wilayah Tepi Barat dan Gaza semuanya sangat dekat dengan ambang pendapatan menengah atas pada 2021, sehingga dengan pertumbuhan ekonomi yang tidak tinggi pada 2022 sudah cukup membawa perekonomian negara-negara masuk ke kategori ini," tulis Bank Dunia, dikutip Rabu (8/4/2023).

Selengkapnya baca di sini

2. Harga Elpiji 5,5 Kg dan 12 Kg Turun, Cek Rinciannya

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga pada elpiji non subsidi tabung 5,5 kilogram (kg) dan 12 kg. Harga isi ulang elpiji Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg turun per 26 Juni 2023.

Pada produk Bright Gas 5,5 kg, harga isi ulang mengalami penurunan sebesar Rp 4.000 per tabung. Sedangkan untuk isi ulang produk Bright Gas 12 kg turun sebesar Rp 9.000 per tabung menjadi Rp 204.000 per tabung dari sebelumnya Rp 213.000.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, penentuan harga elpiji non-subsidi menjadi kewenangan badan usaha dengan mengacu tren dan mekanisme harga Contract Price Aramco (CP Aramco).

"Dalam kurun waktu terakhir, tren harga CP Aramco mengalami penurunan, sehingga Pertamina turut melakukan penyesuaian berupa penurunan harga untuk elpiji non-subsidi 5,5 kg dan 12 kg. Untuk produk non subsidi prinsipnya menyesuaikan harga pasar,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/7/2023).

Selengkapnya baca di sini

3. Dapat Tugas Ganti Rumput JIS, Kementerian PUPR: Enggak Bisa Pakai Pola Konvensional

Pemerintah bakal merenovasi Jakarta Internasional Stadium (JIS) agar dapat dipilih untuk penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengatakan, berdasarkan masukkan dari para pakar, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki dari JIS agar dapat memenuhi standar stadion untuk pertandingan internasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com