Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fresh Factory Gandeng NCS, Distribusi "Cold Chain" Diperluas ke 103 Kota

Kompas.com - 12/07/2023, 14:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua perusahaan di sektor logistik yakni Fresh Factory dan PT Nusantara Card Semesta (NCS) mengumumkan kerja sama, Rabu (12/7/2023).

Fresh Factory merupakan startup di bidang cold chain fulfilment centres. Sementara itu, PT Nusantara Card Semesta (NCS) adalah perusahaan yang bergerak di jasa pengiriman paket, barang, dokumen serta memiliki fasilitas gudang penyimpanan terintegrasi (warehouse and fulfillment).

Kedua perusahaan bekerja sama mengembangkan layanan distribusi cold chain fulfillment centres yakni, sistem distribusi logistik suhu rendah dengan solusi lengkap bagi mitra, mulai dari manajemen penyimpanan, pengemasan untuk dikirim ke pelanggan hingga menyiapkan pengiriman yang akan dilakukan oleh kurir.

Melalui kerja sama ini, Fresh Factory dan NCS menjadi penyedia layanan distribusi cold chain fulfillment centres terluas di Indonesia, dengan total memiliki 153 fulfillment centre (titik penyimpanan, pengemasan dan pengiriman produk) serta lebih dari 2.000 orang kurir untuk mengirimkan layanan di 103 kota di Indonesia.

Baca juga: Fresh Factory Kantongi Pendanaan 4,15 Juta Dollar AS

CEO dan founder Fresh Factory Larry Ridwan mengatakan, kerja sama dengan NCS semakin memperkuat ekspansi Fresh Factory di kota besar (major cities) dan kota menengah (secondary cities).

“Kerja sama ini menjadikan Fresh Factory dan NCS sebagai penyedia cold chain fulfillment centres dengan cabang yang paling banyak untuk menjangkau pelanggan. NCS memiliki jaringan di kota besar dan kota menengah di mana Fresh Factory ingin melebarkan ekspansi ke kota-kota itu,” kata Larry di Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu.

Larry mengatakan, kerja sama tersebut bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan kedua perusahaan.

"Serta untuk turut berperan dalam meningkatkan daya saing logistik nasional," ujarnya.

Baca juga: Startup Eratani Dapat Suntikan Tambahan Dana Awal Rp 90 Miliar

 


Direktur Utama PT Nusantara Card Semesta (NCS) Reni Sitawati Siregar mengatakan, kolaborasi antara NCS dan Fresh Factory sejalan dengan kesamaan visi kedua perusahaan khususnya dalam menjalankan bisnis warehouse dan fulfillment.

"Banyaknya gudang yang dimiliki dan sistem yang sudah kami jalankan, menjadi pertimbangan NCS untuk ikut berkolaborasi dengan Fresh Factory, terutama dalam melakukan pendistribusian dan pengiriman bahan baku baik di dalam kota maupun ke luar kota,” kata Reni.

Terakhir, Reni mengatakan, layanan terintegrasi yang diberikan NCS dan Fresh Factory diharapkan dapat semakin memberikan kemudahan jasa logistik bagi masyarakat.

“Sinergi NCS dan Fresh Factory untuk menjangkau lebih dekat lagi pelanggan-pelanggan di berbagai kota, di mana ini juga akan berdampak positif pada tingkat pelayanan dan turut mendukung optimalisasi serta efisiensi sektor logistik nasional. NCS dan Fresh Factory berkomitmen untuk berkolaborasi memberikan pelayanan terbaik di sektor logistik,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com