Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok soal Kartika Jadi Wamen BUMN I: Beliau Profesional

Kompas.com - 18/07/2023, 19:23 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyambut baik perubahan posisi pada jabatan Wakil Menteri (Wamen) BUMN.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko menjadi Wamen BUMN I. Posisi ini sebelumnya ditempati oleh Pahala Nugraha Mansury, yang kini menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

"Saya sih senang. Beliau profesional kok," ujar Ahok saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (18/7/2023).

Baca juga: Ahok Temui Erick Thohir, Bahas Ekspansi Bisnis Pertamina ke Afrika

Sementara posisi Wamen BUMN II dijabat oleh Rosan Perkasa Roeslani, yang sebelumnya merupakan posisi Tiko. Adapun sebelumnya Rosan menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS).

Rosan sendiri baru dilantik menjadi Wamen BUMN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (17/7/2023) kemarin.

Ahok meyakini, Tiko maupun Rosan akan bekerja dengan baik di masing-masing jabatan baru mereka yang akan berdampak terhadap Pertamina. Oleh sebab itu, dirinya menyambut perubahan jabatan di Kementerian BUMN.

Baca juga: Ahok Sebut Pertamina Bakal Bangun Resor dan Pusat Penelitian di IKN

"Saya kira Pak Tiko atau Pak Rosan dua-duanya baik dan bisa kerja, kita senang lah dapat rekan yang bisa seperti itu," ungkap dia.

Terkait perubahan Pahala yang menjadi Wamenlu, Ahok bilang, hal itu dapat berdampak baik pada bisnis Pertamina. Saat ini, Pahala memang masih menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina.

Menurutnya, posisi Pahala tersebut akan memudahkan Pertamina dalam melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri. Terlebih, saat ini perusahaan energi pelat merah ini sedang menggarap bisnis migas di Afrika.

Baca juga: Bos BUMN Rangkap Jabatan Tak Bisa Lagi Bergaji Dobel, Ahok: Pertamina Sudah dari 2020

"Pak Palaha juga nanti akan banyak bantu, kan kita mau buka bisnis baru di Afrika, segala macam kan. Maka dengan Pak Pahala di Wamenlu itu akan sangat membantu," tutup Ahok.

Sebagai informasi, pembagian tugas Wamen BUMN I yakni mengkoordinir BUMN yang bergerak di bidang energi, kesehatan, manufaktur, tambang, pangan, dan perkebunan.

Sementara untuk tugas Wamen BUMN II yakni mengkoordinir BUMN yang bergerak di bidang perbankan, asuransi, infrastruktur, logistik, pariwisata, dan telekomunikasi.

Baca juga: Ramalan Ahok, 5 Tahun Lagi SPBU Bakal Sepi gara-gara Kendaraan Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com