Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Akan Bangun Rumah Sakit hingga Kampus di IKN

Kompas.com - 04/08/2023, 18:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) bakal membangun berbagai infrastruktur berupa rumah sakit, penginapan atau hotel, dan kampus di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina A. Salyadi Saputra mengatakan, Pertamina Group melihat adanya peluang untuk melakukan pengembangan usaha di IKN.

“Pertamina merencanakan membangun fasilitas-fasilitas pendukung di IKN sesuai dengan bidang usaha anak perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, hospitality, dan pendidikan," ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Kantongi Sertifikat HPL untuk 34.000 Hektar di IKN, Otorita: Memberikan Kepastian Hak Pengelolaan

Menurutnya, pembangunan kawasan terpadu di IKN dengan menggunakan konsep smart city forest sejalan dengan upaya Pertamina untuk menjalankan bisnis dengan penerapan environmental, social, & governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi perusahaan.

Salyadi menuturkan, perencanaan pengembangan rumah sakit dilakukan melalui anak usaha PT Pertamina Bina Medika-IHC, pengembangan hotel dan resort melalui anak usaha PT Patra Jasa, serta pengembangan universitas vokasi melalui Universitas Pertamina.

Fasilitas-fasilitas itu akan dibangun dalam satu kawasan terpadu di IKN.

Baca juga: Airlangga Persiapkan Kepindahan ASN Kemenko Perekonomian ke IKN

Sementara itu, untuk sarana transportasi, PT Pelita Air Service akan membangun penghubung maskapai penerbangan atau hub kedua di Balikpapan yang akan dimulai prosesnya pada kuartal IV-2023.

Dia menambahkan, untuk rumah sakit rencananya dibangun di atas lahan 50 hektar, di mana ditargetkan hanya 20 persen dari luas lahan yang terbangun, dan sisanya lahan berupa ruang terbuka hijau.

"Untuk klinik mungkin bisa dalam waktu dekat kita bangun dan sudah bisa beroperasi tahun ini juga, dan untuk penanganan kesehatan lebih lanjut akan dirujuk ke RS Pertamina Balikpapan," ungkapnya.

Baca juga: Basuki Hadimuljono: Insya Allah, Saya Akan Jadi Menteri Pertama yang Tinggal di IKN

Sedangkan untuk pembangunan hotel, akan menggunakan rancangan bangunan dengan material olahan bambu, rotan dan kayu lokal sebagai salah satu sumber daya bahan bangunan melimpah.

"Kita berharap hotel sudah bisa beroperasi tahun depan," imbuh Salyadi.

Lalu untuk pengembangan fasilitas edukasi berupa universitas vokasi, Universitas Pertamina juga merencanakan pengembangan kampus modern dan berkonsep green-building di atas lahan 50 hektar.

"Kampus universitas akan memiliki bangunan rektorat dan fakultas yang memiliki konsep tumbuh kembang dilengkapi fasilitas akomodasi bagi dosen dan mahasiswa," pungkasnya.

Baca juga: Menko Airlangga Bertemu Tony Blair, Bahas Perkembangan AI hingga IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com