Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Hadimuljono: Insya Allah, Saya Akan Jadi Menteri Pertama yang Tinggal di IKN

Kompas.com - 27/07/2023, 05:09 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku akan menjadi menteri yang pertama tinggal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Basuki mengatakan, ia akan menjadi menteri pertama yang akan tinggal di ibukota baru yang ada di Kalimantan Timur tersebut.

"Insya Allah, saya akan menjadi menteri pertama yang akan tinggal di IKN, walaupun mungkin cuma berapa bulan," kata dia dalam acara Main Event Sewindu Proyek Strategis Nasional, Rabu (26/7/2023).

Baca juga: Menhub dan Bos CRIC Bahas Peluang Kerja Sama Bangun Kereta Api di IKN

Dia menambahkan, Kementerian PUPR telah membangun jalan tol Balikpapan-Samarinda yang diharapkan dapat menopang akses menuju IKN. Adapun, jalan tol Balikpapan Samarinda memiliki panjang sekitar 99 kilometer.

"Alhamdulillah, kita sudah punya modal jalan tol Samarinda-Balikpapan yang akan kita nanti sambungkan ke IKN," jelas dia.

Basuki berharap, dengan konektivitas jalan tol perjalanan dari Balikpapan menuju IKN dapat ditempuh dengan jarak tidak lebih dari 40 menit.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat masyarakat nantinya tidak bolak-balik dan dapat tinggal menetap di IKN.


Baca juga: Rekam Jejak Kemenko Perekonomian, dari Stabilitasi Ekonomi Pascakemerdekaan hingga Kesiapan Hadapi Krisis Global

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, selain kantor Kementerian PUPR, kantor kementeriannya juga ajan menjadi salah satu yang akan pertama kali ada di IKN.

"Jadi nanti saya akan ngopi bareng dengan Pak Basuki di Ibu Kota Negara (IKN) saat selesai pertama," ujar dia dalam kesempatan yang sama.

Tak hanya itu, Airlangga juga berkelakar akan melihat pemandangan bersama dengan Menteri PUPR di ibukota baru itu.

"Kita nikmati bulan-bulan menjelang Agustus ya Pak," kata Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut 30 Negara Jadi Pasien IMF, 11 Mulai Membaik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com