Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Hijau, Dow Menguat 407 Poin

Kompas.com - 08/08/2023, 07:06 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Bursa saham AS atau Wall Street ditutup pada zona hijau pada akhir perdagangan Senin (7/8/2023) waktu setempat. Laporan pendapatan perusahan dan pembacaan data inflasi masih menjadi sentimen utama pada penggerak saham – saham di Wall Street.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) menguat 1,16 persen (407,5 poin), ditutup pada level 35.473,12. Kenaikan DJIA ditopang oleh kenaikan saham-saham blue chip di awal pekan. Kenaikan DJIA di awal pekan didorong oleh lonjakan harga saham Amgen sebesar 4 persen.

Sementara itu, S&P 500 naik 0,9 persen ditutup pada level 4.518,44. Kemudian indkes komposit Nasdaq bertambah 0,61 persen menjadi 13.994,40. Kenaikan indeks Nasdaq dibatasi oleh penurunan saham Tesla hampir 1 persen, menyusul berita pengunduran diri CFO Zach Kirkhorn.

Baca juga: Wall Street Ditutup Merah, S&P 500 dan Nasdaq Catat Penurunan Terendah Sejak Maret

Saham Berkshire Hathaway naik lebih dari 3 persen, usai investor puas dengan laporan pendapatan perusahaan dan persediaan kas. Baik saham class A maupun B Berkshire Hathaway ditutup pada rekor tertinggi.

Dalam sepekan terakhir, Nasdaq dan S&P turun masing – masing 2,9 persen dan 2,3 persen, yang merupakan pekan terburuk sejak Maret 2023. Sementara itu, DJIA dalam sepekan turun 1,1 persen. Perdagangan bursa AS pada hari Senin, menandai babak baru dari musim pendapatan korporasi.

Dari 85 persen perusahaan di S&P 500 yang telah membukukan hasil kuartalan mereka, sekitar empat perlima telah melampaui perkiraan Wall Street, menurut FactSet.

“Pasar kembali ke mode risk-on,” kata Chris Zaccarelli, kepala investasi dari Independent Advisor Alliance mengutip CNBC.

"Ini adalah musim pendapatan yang lebih baik dari perkiraan, inilah alasan mengapa perusahaan memiliki kekuatan bertahan,” lanjut Chris.

Pekan ini, investor akan fokus pada rilis data indeks konsumen dan produsen bulan Juli. Keduanya menjadi perhatian karena berkaitan dengan jalur inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Simak 10 Saham Paling Cuan dan Boncos Pekan Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com