BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BRI

4 Hobi Sosial Berikut Bisa Perluas Jaringan Profesional, Apa Saja?

Kompas.com - 10/08/2023, 14:33 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comHobi merupakan aktivitas yang umumnya dilakukan pada waktu senggang untuk menghibur diri dan melepas penat dari rutinitas. Hobi dapat berupa kegiatan yang berkaitan dengan kesenian, olahraga, atau teknologi.

Tak sekadar memberikan kesenangan, hobi juga dapat memberikan beragam manfaat. Diberitakan Kompas.com, Senin (20/3/2023), studi terhadap 400 pekerja yang dipublikasikan pada Journal of Occupational and Organizational Psychology menemukan bahwa hobi dapat memaksimalkan produktivitas.

Di riset berbeda yang diterbitkan pada jurnal Annals Behavioral Medicine, hobi juga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan fokus. Orang yang memiliki hobi juga cenderung lebih panjang umur.

Selain itu, hobi juga bisa memperluas jaringan sosial yang dapat mendukung karier profesional. Hobi jenis ini dikenal dengan istilah hobi sosial. Hobi ini biasanya digeluti para pekerja dan eksekutif perusahaan, terutama kaum eksekutif muda.

Untuk diketahui, hobi sosial merupakan aktivitas santai guna menciptakan perkumpulan dengan suasana nyaman dan kasual. Lewat hobi itu, seseorang dapat belajar dan mengembangkan keterampilan baru sambil membangun koneksi profesional sesama pehobi.

Nah, berikut adalah empat rekomendasi hobi sosial yang bisa kamu geluti untuk memperluas jaringan dan mengembangkan karier profesional.

1. Lari

Olahraga lari, baik joging, running, maupun maraton, merupakan hobi yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, termasuk pekerja dan pebisnis. Olahraga tersebut terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurunkan berat badan dan membakar lemak, serta meningkatkan suasana hati.

Baca juga: 6 Manfaat Lari bagi Kesehatan, Apa Saja?

Lari juga dapat menjadi sarana yang tepat untuk membangun hubungan dan memperluas jaringan profesional. Apalagi, saat ini, banyak gelaran (event) olahraga lari yang bisa diikuti bersama partner kerja atau rekan bisnis. Beberapa gelaran olahraga lari bergengsi yang dapat diikuti bersama partner kerja atau rekan bisnis adalah Borobudur Marathon, Indonesia International Marathon, dan Jakarta Marathon.

2. Bersepeda

Sama seperti lari, hobi bersepeda juga membuka kesempatan untuk memperluas jaringan profesional, di samping manfaat kesehatan. Sejumlah event sepeda nasional, seperti Tour de Borobudur, Bromo KOM Challenge, dan Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge, biasanya diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, latar belakang, dan bidang karier.

Ilustrasi bersepedaOdua Images Ilustrasi bersepeda

Seusai gowes serta menikmati pemandangan indah di sepanjang rute perjalanan event-event tersebut, kamu pun bisa menjalin relasi dengan peserta lain. Dari situ, peluang karier profesional dapat tercipta.

3. Fotografi

Perkembangan teknologi dan media sosial yang semakin masif membuat popularitas hobi fotografi semakin meroket, termasuk di kalangan pebisnis atau eksekutif muda.

Selain mengabadikan momen, fotografi juga bermanfaat untuk mengasah kreativitas, melatih kepekaan, meningkatkan kemampuan perencanaan, dan meredakan stres.

Di samping beragam manfaat tersebut, kamu bisa hunting foto ke tempat-tempat seru bersama partner kerja atau rekan bisnis sesama pencinta fotografi sambil membuka ruang percakapan terkait bisnis secara lebih santai.

4. Golf

Golf telah lama dipandang sebagai olahraga bergengsi yang digeluti oleh kalangan eksekutif. Meski terbilang mahal, olahraga ini dapat melatih disiplin, kejujuran, ketelitian, dan sportivitas pemain. Lantaran manfaat tersebut, olahraga sosial tersebut pun dapat membantu meningkatkan karier profesional seseorang. Bagi pebisnis, olahraga itu juga dapat menjadi media untuk belajar menghargai rekan bisnis. Sambil bermain golf, kamu serta partner kerja atau rekan bisnis dapat berkoordinasi dan berdiskusi terkait pekerjaan secara lebih santai.

Baca juga: Ikhwal Golf di Indonesia, Hindia Belanda dan Jepang Ambil Peranan

Itulah empat hobi sosial yang bisa dipilih untuk memperluas jejaring dan meningkatkan hubungan profesional.

Agar hobi tersebut berjalan maksimal, dibutuhkan alat dan perlengkapan pendukung. Hobi lari, misalnya, membutuhkan sepatu khusus (running shoes) yang memiliki bentuk dan fungsi lebih kompleks ketimbang sepatu pada umumnya.

Kemudian, pelari juga kerap menggunakan smartwatch untuk memonitor detak jantung, melacak perkembangan jarak tempuh lari, dan merencanakan latihan berikutnya. Alat ini pun bisa terkoneksi dengan smartphone sehingga pelari bisa memantau perkembangan tersebut secara mudah.

Sementara itu, olahraga golf juga membutuhkan alat serta perlengkapan yang terbilang kompleks dan tak murah. Di samping sewa lapangan atau keanggotaan klub, pehobi golf juga memerlukan pakaian, bola, dan tongkat golf.

Dukung hobi dengan layanan pembiayaan mudah

Meski terbilang tak murah, perlengkapan hobi sosial itu bisa dibeli secara mudah, terlebih bagi kamu yang memiliki rekening gaji di BRI. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Kredit BRIguna dari dari BRI.

Kredit BRIguna merupakan pinjaman yang diberikan kepada calon debitur yang sudah memiliki rekening gaji di BRI. Adapun pembayaran pinjaman tersebut berasal dari penghasilan tetap, seperti gaji atau uang pensiun.

Baca juga: Sedang Menyiapkan Pernikahan? Simak 4 Tips Ini agar Tidak Boncos

Fasilitas kredit tersebut memiliki berbagai kelebihan, yakni proses cepat dan mudah, bunga pinjaman dan biaya pengajuan rendah, serta cicilan ringan. Selain itu, besaran uang yang bisa dipinjam dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Kredit BRIguna menawarkan tenor hingga 15 tahun (180 bulan) atau masa jatuh tempo pinjaman sampai masa persiapan pensiun (MPP).

Sebagai informasi, saat ini BRI tengah menggelar Program Undian BRIguna. Undian ini merupakan pemberian reward kepada 20 debitur beruntung yang berhasil melakukan pengajuan sampai realisasi BRIguna melalui BRImo.

Program Undian BRIguna berlangsung mulai 1 Juni 2023 hingga 31 Agustus 2023. Pemenang program ini akan mendapatkan Tabungan BRI BritAma hingga Rp 20 juta.

Penentuan pemenang program dilakukan dengan mekanisme undian berdasarkan poin. Semakin banyak poin, maka semakin besar pula peluang menjadi pemenang undian.

Satu poin undian bisa didapatkan dari pencairan pinjaman senilai Rp 10 juta. Poin ini berlaku kelipatan. Adapun undian pemenang akan dilaksanakan pada September 2023 secara online. Pemenang undian tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Yuk, #BeraniWujudkanMimpi membeli perlengkapan hobi bersama Kredit BRIguna BRI.

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com