Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Eiger Catat Rekor Omzet hingga 16 Kali Lipat berkat Berjualan di Shopee Live

Kompas.com - 23/08/2023, 08:01 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jenama produk untuk kegiatan luar ruang asal Bandung, Eiger, memecahkan rekor omzet hingga 16 kali lipat berkat berjualan secara live streaming atau dikenal dengan live shopping di Shopee Live.

Rekor baru tersebut didapat pada puncak Kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty dan Fashion Festival, Selasa (8/8/2023).

Digital Business Manager Eiger Oscar Siregar mengatakan, kesuksesan tersebut didapat lantaran Shopee Live punya keunggulan ketimbang platform live shopping lain, yakni mampu mendekatkan penjual kepada konsumen.

Baca juga: Dikira Sindir Orang, Maksud Unggahan Aurel Ternyata Pengumuman Dirinya Gabung Shopee Live dan Kasih Diskon 50 Persen

Eiger, kata Oscar, telah bergabung dengan Shopee pada 2017. Sejak itu pula, Eiger selalu memanfaatkan fitur unggulan Shopee, salah satunya Shopee Live.

Melalui Shopee Live, Eiger pun bisa melakukan interaksi dengan konsumen secara real-time. Alhasil, penjualan produk jenama lokal yang berdiri sejak 1989 tersebut meningkat secara signifikan pada 2023.

Digital Business Manager Eiger Oscar Siregar. DOK. Istimewa. Digital Business Manager Eiger Oscar Siregar.

"Hasilnya sangat memuaskan. Pada Kampanye 8.8 Grand Beauty dan Fashion Festival, penjualan produk Eiger bisa meningkat hingga 16 kali lipat melalui Shopee Live. Hasil ini merupakan pencapaian baru yang yang kami rasakan bersama Shopee jika dibandingkan platform lain," ujar Oscar melalui keterangan tertulis, Rabu (23/8/2023).

Eiger sendiri memiliki produk kegiatan luar ruang, seperti sepatu gunung, jaket, dan perlengkapan kegiatan alam, yang sudah diakui kualitasnya di dunia internasional. Di Indonesia, Eiger telah memiliki 350 gerai.

Untuk menjangkau pasar mancanegara, Eiger juga telah membuka gerai baru di Swiss, tepatnya di kaki Gunung Eiger, yakni di Interlaken. Nama Eiger sendiri terinspirasi dari gunung dengan ketinggian 3.970 meter di atas permukaan laut tersebut.

Platform live shopping terfavorit

Keberhasilan Eiger mencatatkan rekor omzet hingga 16 kali lipat membuktikan popularitas Shopee Live di konsumen Indonesia. Hal ini juga selaras dengan temuan riset Populix yang dirilis pada Mei 2023.

Hasil riset tersebut mengungkapkan bahwa Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia atau brand used most often (BUMO) dengan 69 persen. Selanjutnya, disusul TikTok Live dengan 25 persen, Tokopedia Play 4 persen, serta LazLive 2 persen.

Baca juga: Gelar Shopee Live Bareng JKT48, Erigo Cetak Omzet Rp 5 Miliar

Riset tersebut juga mengungkap bahwa 60 persen responden menyebut Shopee Live sebagai brand top of mind (TOM) alias merek yang pertama kali muncul di benak mereka ketika berbicara soal live streaming shopping di Indonesia.

Angka itu mengungguli TikTok Live (30 persen), LazLive (4 persen), dan Tokopedia Play (2 persen).

Tangkapan layar live streaming Eiger di Shopee Live pada puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival.DOK. Istimewa. Tangkapan layar live streaming Eiger di Shopee Live pada puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival.

Jika dilihat dari kategori, Shopee Live juga unggul sebagai platform live shopping untuk membeli produk fesyen dan kecantikan. Sebanyak 79 persen responden menggunakan Shopee Live untuk membeli produk fesyen, sedangkan TikTok Live hanya digunakan 44 persen.

Untuk kategori produk kecantikan, 71 persen responden memilih menggunakan Shopee Live, sementara 51 persen memilih TikTok Live.

Masih dari riset yang sama, Shopee Live disukai konsumen karena menyediakan harga barang paling murah, gratis ongkos kirim terbanyak, serta diskon dan cashback paling besar. Salah satunya adalah promo Shopee Live Semua Diskon 50 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com