Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsorsium Pimpinan Agung Sedayu Tertarik Investasi di IKN

Kompas.com - 23/08/2023, 22:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono mengatakan, konsorsium pengusaha dalam negeri telah menyatakan minatnya berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur.

"Konsorsium yang dipimpin Agung Sedayu sedang berproses pengajuan letter of intent (LoI) setelah kunjungan lapangan mereka dua minggu lalu," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (23/8/2023).

Menurut Agung, PT Pertamina (Persero) juga menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di IKN.

Baca juga: Kepala Bappenas Sebut Jika UU IKN Tak Direvisi Pemindahan Ibu Kota Terancam Molor

Agung bilang, perusahaan migas pelat merah tersebut kini tengah menjajaki lahan yang akan dibangun sejumlah fasilitas umum, mulai dari rumah sakit, penginapan, hingga kampus.

"Pertamina juga sudah mengajukan letter of intent dari Dirut setelah kunjungan Komut bulan lalu, dan tim direksi sudah ke lapangan minggu lalu. Sekarang sedang dalam fase penentuan lahan dulu sesuai dengan bidang yang diajukan," ucap Agung.

Sementara itu Deputi Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Yuliot Tanjung menyatakan, pembangunan berbagai fasilitas umum IKN ditargetkan mulai September tahun ini.

"Ditargetkan September mulai karena berkaitan dengan pelaksanaan upacara 17-an (Hari Kemerdekaan RI) di IKN 2024," kata dia.

Yuliot juga menyebut, para pengusaha swasta yang telah berkunjung ke IKN beberapa waktu lalu berencana akan membangun hunian yang terintegrasi dengan transportasi (transit oriented development/TOD). Kemudian pemukiman di kawasan sumbu kebangsaan.

"Nilai investasi masih dihitung detail sesuai dengan lingkup investasi dengan perkiraan sementara lebih Rp 10 triliun," sebutnya.

Sebagai informasi, 11 Agustus 2023, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia berkunjung ke IKN bersama konsorsium penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang dipimpin oleh pendiri Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma.

Kunjungan itu bertujuan untuk meninjau pembangunan di sana serta menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh para investor dalam proyek pembangunan IKN.

Bahlil melihat bahwa kebutuhan infrastruktur bagi para investor seperti ketersediaan listrik, air, dan telekomunikasi harus dipenuhi segera.

Baginya, investor lokal telah memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan pembangunan proyek IKN, oleh karena itu harus diberikan terus dukungan.

"Saya menyampaikan apresiasi terhadap pihak swasta hingga saat ini. Regulasi biar menjadi urusan Kementerian Investasi dan Otorita IKN, dan akan terus dipermudah," ucap Bahlil.

Baca juga: Kementerian PUPR: Pembangunan Istana Negara di IKN Capai 21,7 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com