Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
EKONOMI SYARIAH

Jadi Bank Terbaik KBMI 3 dan The Most Outstanding Bank Syariah, BSI Catat 68 Penghargaan Sepanjang 2023

Kompas.com - 31/08/2023, 10:27 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menyabet dua penghargaan bergengsi. Dengan tambahan ini, BSI telah meraih 68 penghargaan hingga Agustus 2023.

Adapun penghargaan pertama didapat pada Infobank Banking Appreciation 2023 yang digelar Infobank Media Group, Kamis (24/8/2023), yakni “The Best Financial Performance Bank in 2022 (KBMI 3) Asset > IDR 200 Trillion dan Excellent Financial Performance Bank in 2022”.

Penghargaan tersebut didapat dari hasil rating bank umum yang dilakukan Biro Riset Infobank berdasarkan kinerja keuangan, digitalisasi, dan tata kelola perusahaan sepanjang 2022.

Berdasarkan penilaian itu, BSI meraih skor 94,97. Skor ini menempatkan BSI sebagai juara pertama dalam kelompok KBMI 3. Adapun secara keseluruhan, BSI berada di posisi kedua dari 106 bank yang dinilai oleh Infobank.

Kemudian, pada ajang Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2023, Jumat (25/8/2023), BSI meraih predikat “The Most Outstanding Bank Syariah”.

Baca juga: Dapat Suntikan Modal dari BSI Rp 1,5 Triliun, TAF Gencar Lakukan Ekspansi di Sektor Pembiayaan Syariah

Salah satu Dewan Juri BIFA 2023, Raden Pardede, mengatakan bahwa ajang BIFA 2023 mengangkat tema “Digitalisasi: Inklusif dan Berkelanjutan”. Tema ini dipilih karena sektor keuangan ke depan akan dipengaruhi oleh peran strategis aspek digital.

Berdasarkan penilaian dewan juri, BSI mendapatkan penghargaan “The Most Outstanding Bank Syariah” lantaran sukses mengembangkan inklusi keuangan dan digitalisasi di sektor keuangan syariah.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi berterima kasih atas apresiasi yang diberikan. Ia mengatakan bahwa kedua penghargaan tersebut merupakan hasil kerja sama dan dukungan dari stakeholder, karyawan, serta nasabah BSI di seluruh Indonesia.

“Tanpa (dukungan) mereka, kami tidak akan mendapatkan award ini,” kata Hery dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (28/8/2023).

Hery pun memaparkan kriteria-kriteria yang berhasil dipenuhi hingga BSI mampu meraih kedua penghargaan tersebut.

Baca juga: EBAS-SP BSI Jadi Gebrakan Baru untuk Pacu Ekonomi Syariah

Menurut juri Infobank Banking Appreciation, performa BSI berada di atas rata-rata industri perbankan pada 2022. Kinerja BSI dari segi digitalisasi dan tata kelola perusahaan yang baik menunjukkan kemajuan.

Begitu pula dari sisi kinerja bisnis, BSI mampu membukukan pembiayaan yang solid hingga Rp 207,12 triliun pada 2022. Laba perusahaan pun tumbuh signifikan, yaitu 40,68 persen atau mencapai Rp 4,26 triliun pada 2022.

Berdasarkan penilaian itu, Hery menuturkan bahwa mitos bank syariah susah bersaing dengan bank konvensional terpatahkan.

“Kami sebagai bank (syariah) yang baru merger pada Februari 2021 atau baru berumur 2 tahun 6 bulan bisa bersaing dengan bank konvensional di liga Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI) 3,” jelasnya.

Infobank Expert Council Ignasius Jonan mengapresiasi kinerja dan prestasi BSI. Ia menyebutkan, BSI mampu membuktikan peran sentralnya dalam menjaga pertumbuhan ekosistem keuangan syariah nasional.

Ia berharap, kinerja tersebut dapat terus ditingkatkan agar kiprah BSI juga terasa di pasar keuangan internasional.

“Kami mengharapkan bahwa BSI terus menjadi pionir pertumbuhan ekosistem keuangan syariah di Indonesia dan membawa perbankan syariah Tanah Air ke industri keuangan global,” ujar Jonan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com