Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN-BAC Dorong Kolaborasi ASEAN Sebagai Surga Investasi Global

Kompas.com - 02/09/2023, 17:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid mendorong negara anggota ASEAN untuk memperkuat kolaborasi dalam rangka mendongkrak nilai investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI).

"Kita tidak bisa berdiri sendiri, ASEAN harus menyadari kekuatan dan potensi investasi yang dimiliki untuk makin memantapkan posisi ASEAN sebagai surga investasi global,” kata dia, dalam pembukaan ASEAN Investment Forum 2023, di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (2/8/2023).

Arsjad yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bilang, kawasan Asia Tenggara memiliki potensi dan peluang investasi sangat menjanjikan di bidang pertanian dan pangan, ekonomi digital, kesehatan publik, kendaraan listrik, pasar karbon, dan sistem pembayaran regional.

Baca juga: Kadin dan ASEAN-BAC Gelar ASEAN Weekend Market, Kumpulkan UMKM dari Indonesia hingga Kamboja

Dengan potensi dan peluang yang dimiliki, tingkat FDI ASEAN mencatatkan pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir, di mana pada 2010 nilai FDI di kawasan baru mencapai 23 miliar dollar AS, sementara pada 2021 sudah melonjak menjadi 47 miliar dollar AS.

"Selain potensi investasi, Asia Tenggara juga memiliki keunggulan berupa sumber daya energi alam yang besar, untuk memenuhi permintaan energi global,” kata dia.

Baca juga: Pemerintah Bakal Promosikan IKN di Pertemuan ASEAN-BAC

Pada kesempatan yang sama, Menteri Investasi Bahlil Lahaila mengatakan, di tengah kondisi dunia yang tidak dalam keadaan baik-baik saja akibat ketegangan geopolitik dan perubahan iklim, ASEAN menjadi harapan.

Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan ASEAN menjadi cakrawala bagi pemulihan ekonomi global dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi sebesar 3,8 persen, di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global yang mencapai 2,6 persen.

Baca juga: Lima Isu Prioritas RI dalam Pertemuan ASEAN-BAC 2023


Selain itu, ASEAN juga menunjukkan pertumbuhan FDI. Ketika FDI global turun, ASEAN justru mencatat sejarah pertumbuhan FDI tertinggi, yakni penerima FDI terbesar kedua di dunia.

Meski demikian, Bahlil menyampaikan ASEAN sebagai sentra pembangunan ekonomi global yang inklusif, harus mendorong investasi untuk pembangunan yang berkelanjutan.

"Aliran investasi ke ASEAN sangat masif, namun tujuan kita bukan meningkatkan nominal, melainkan bagaimana investasi tersebut dapat mewujudkan pembangunan berkelanjutan khususnya SDGS dan rakyat dapat menikmati hasil dari investasi," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com