Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Janji, RI Tak Perlu Impor Energi Kalau Terpilih Jadi Presiden

Kompas.com - 02/09/2023, 21:29 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bakal calon presiden Prabowo Subianto berjanji untuk mengupayakan Indonesia tak lagi tergantung dengan impor energi jika menang di Pilpres 2024.

Menurut dia, Indonesia kaya akan sumber daya, terutama energi yang bisa dihasilkan dari tanaman nabati dari mulai kelapa sawit hingga singkong. Banyak jenis nabati yang tumbuh subur di Tanah Air bisa dioleh jadi bahan bakar murah dan ramah lingkungan.

"Kita harus menjaga energi kita. Jangan khawatir, kita bisa hasilkan energi dari dalam negeri," ucap Prabowo dalam pidato politik yang disampaikannya saat acara deklarasi dukungan politik dari Partai Gelora di Djakarta Theater, Jakarta, sebagaimana disiarkan akun YouTube Partai Gelora pada Sabtu (2/9/2023).

"Dari kelapa sawit, dari singkong, dari sagu, dari tebu, dari aren, kita bisa hasilkan diesel solar dari tanaman yang tidak akan habis-habisnya," kata dia lagi.

Baca juga: Kontroversi Food Estate, Babat Hutan Kalimantan Demi Kebun Singkong

Mantan Danjen Kopassus itu juga menyinggung soal aksi boikot yang dilakukan beberapa negara Eropa terhadap produk sawit Indonesia karena dianggap merusak hutan tropis.

Justru dengan adanya boikot minyak sawit, sambung Prabowo, Indonesia bisa memanfaatkan kelebihan stok CPO di dalam negeri untuk dipakai sebagai bahan baku ethanol.

"Mereka mau boikot kita punya kelapa sawit. Terima kasih lu boikot, gua pakai kelapa sawit untuk bikin solar untuk rakyat, nggak usah impor energi," beber Prabowo.

"Kita bisa hasilkan diesel solar dari tanaman yang tidak akan habis-habisnya," tambah dia.

Baca juga: Food Estate era Soeharto, Proyek Gagal, Hutan Gambut Terlanjur Rusak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com