Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamin Kemanan Transaksi, Visa Gandeng Xendit Luncurkan Visa Token Service

Kompas.com - 07/09/2023, 22:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan sistem pembayaran Visa, menggandeng Xendit meluncurkan solusi Visa Token Service (VTS) di Indonesia. VTS adalah platform dasar untuk tokenisasi global yang memungkinkan pembayaran digital yang lebih aman dan lebih baik.

Solusi token berfungsi sebagai pengenal alternatif, yang secara efektif menggantikan kebutuhan akan Nomor Rekening Pribadi (PAN) dalam transaksi pembayaran yang aman. Sebagai langkah pertama di Indonesia, Visa berkolaborasi dengan payment gateway, Xendit.

Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan, kerja sama ini menjadi titik penting dalam penerapan Visa Token Service. Melalui VTS, diharapkan para pengguna dapat lebih terlindungi dari kejahatan teknologi di dunia perbankan.

“Kami berkomitmen untuk melindungi pemegang kartu dari kejahatan di dunia nyata maupun maya dengan teknologi keamanan pembayaran terbaru. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Xendit dalam menghadirkan Visa Token Service ke Indonesia,” kata Riko dalam siaran pers, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Apakah Fitur Contactless di Kartu Kredit Aman? Simak Penjelasan Visa Indonesia

“Kami yakin kolaborasi ini menjadi langkah signifikan untuk mendefinisikan kembali masa depan pembayaran digital yang aman di negara ini. Dengan bekerja sama dengan Xendit, kami tidak hanya meningkatkan keamanan transaksi pembayaran tetapi juga menyediakan pengalaman pembayaran yang mudah dan dapat diandalkan bagi bisnis dan konsumen," ungkap dia.

Riko menambahkan, kerja sama dengan Xendit, bertujuan untuk mempercepat penerapan Visa Token Service di berbagai platform merchant. Mengingat sebagian besar pedagang mengandalkan payment gateway untuk memfasilitasi proses pembayaran mereka, kolaborasi ini akan mengkatalisasi integrasi VTS, sehingga berkontribusi terhadap ekosistem pembayaran yang aman dan efisien.

Baca juga: Visa Catat 93 Persen Gen Y Pilih Perbankan Virtual

 


Dia bilang, transaksi berulang, seperti perpanjangan langganan dan pembayaran tagihan bulanan, merupakan bagian integral dari perdagangan modern. Namun, hal ini juga disertai dengan tantangan yang sama, seperti kegagalan transaksi, habisnya masa berlaku kartu, dan masalah lain yang dapat mengganggu aliran pendapatan dan menciptakan pengalaman yang membuat frustrasi bagi pelanggan.

Melalui proyek percontohan Token Visa, Xendit melihat peningkatan sebesar 10 persen pada transaksi berulang dan kegagalan transaksi akibat kartu yang sudah habis masa berlakunya berkurang sebesar 30 persen, tanpa diperlukan integrasi tambahan untuk merchant.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com