Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi BCA Dorong UMKM Naik Kelas

Kompas.com - 12/09/2023, 12:37 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pelaku UMKM nasional. Dukungan ini ditunjukan melalui penyaluran kredit UMKM yang terus meningkat hingga program lainnya.

Direktur BCA John Kosasih menilai, UMKM memiliki peranan strategis terhadap perekonomian nasional. Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Kemenkop UKM), UMKM berkontribusi terhadap 60,5 persen Produk Domestik Bruto (PDB), dan mampu menyerap hampir 97 persen dari total tenaga kerja nasional.

Oleh karenanya, BCA berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap pelaku UMKM. Dari sisi intermediasi, tercatat realisasi penyaluran kredit UMKM bank swasta itu telah mencapai Rp109,8 triliun per Juni 2023. Nilai ini tumbuh 16,5 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Baca juga: Mulai 1 November, Ini Aturan Penutupan Rekening BCA secara Otomatis

Selain itu, BCA juga melakukan program pelatihan kepada pelaku UMKM. Teranyar, BCA menggandeng Kementerian Perdagangan untuk mngembangkan UMKM yang berorientasi ekspor. Pengembangan ini dilakukan di dua daerah yaitu, Semarang dan Yogyakarta.

Pelatihan yang berlangsung pada 11-13 September 2023 itu dipimpin oleh Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan RI, dan didukung penuh oleh BCA. Secara total, ada 60 pelaku usaha UMKM yang mengikuti pelatihan di Kota Yogyakarta dan Semarang.

Pelatihan ini akan mencakup sejumlah materi yang akan mempersiapkan para peserta UMKM untuk membawa produknya ke kancah internasional, antara lain peningkatan kualitas produk, identifikasi potensi pasar ekspor, pemahaman akses eskspor, simulasi transaksi luar negeri, hingga promosi.

"Dengan pelatihan ini, kami berharap supaya lebih banyak UMKM lagi yang bisa go export dan berpartisipasi dalam rantai pasokan global, sehingga bisa turut menambah devisa negara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional" ujar John, dalam keterangannya, yang dikutip, Selasa (12/9/2023).

Lebih lanjut John bilang, besarnya peran UMKM juga terlihat dari data Kemenkop UKM yang menunjukan partisipasi UMKM dalam rantai nilai global berada di kisaran 4 persen, sehingga masih ada potensi-potensi pengembangan UMKM yang masih bisa dimaksimalkan, khususnya dalam mendorong aktivitas ekspor.

"Menyadari betapa besar peran UMKM terhadap perekonomian nasional, kami merasa sangat termotivasi untuk konsisten memberikan dukungan kepada pelaku UMKM Indonesia dalam menggali potensi mereka, termasuk untuk memperluas akses pasar, baik di tingkat nasional maupun internasional," tuturnya.

Selain itu, BCA juga menyelenggarakan BCA UMKM Fest 2023 pada pertengahan Agustus 2023, yang merupakan gelaran untuk ketiga kalinya sejak 2021. Kegiatan tahun ini dilaksanakan secara online dan offline, dan diikuti oleh sekitar 1.400 UMKM yang memasarkan produk-produk unggulannya.

"Saya meyakini bahwa upaya ini akan memberikan manfaat yang besar, terutama bagi perekonomian dan kesejahteraan komunitas desa," ucap EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn.

Baca juga: BCA: Banyak Kasus Uang di Rekening Nasabah Raib Ternyata Ulah Pasangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com