Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Kereta Cepat untuk Masyarakat Berlaku sampai 30 September

Kompas.com - 15/09/2023, 07:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat umum secara gratis akan dilaksanakan sampai 30 September 2023.

Hal ini diungkapkan Menhub saat ditemui setelah acara Seminar Nasional IKAXA di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada Kamis (14/9/2023).

Sebagai informasi, uji coba operasional terbatas untuk masyarakat umum ini merupakan tahapan untuk mempersiapkan operasional kereta cepat sebelum diresmikan pada 1 Oktober 2023.

"(Uji coba untuk masyarakat) sampai 30 September," ujarnya Menhub, dikutip pada Jumat (15/9/2023).

Baca juga: Mulai Hari Ini Masyarakat Umum Bisa Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung

Menhub bilang uji coba operasional kereta cepat untuk masyarakat akan dilaksanakan hari ini, Jumat (15/9/2013), dan pendaftaran sudah berjalan.

Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut apakah uji coba yang dimaksud ialah untuk masyarakat umum atau untuk masyarakat melalui jalur undangan.

"Ya ini, (uji coba untuk masyarakat) besok sudah mulai," ucapnya.

Baca juga: Update Kesiapan Akses dan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jelang Diresmikan 1 Oktober

Saat Kompas.com mengecek sosial media kereta cepat Jakarta-Bandung, metode pendaftaran uji coba kereta cepat untuk masyarakat masih belum diumumkan oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku operator.

Sementara itu, Kompas.com sudah mencoba meminta konfirmasi dari Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengenai kepastian uji coba kereta cepat untuk masyarakat umum yang akan dilaksanakan secara gratis ini pada Kamis (14/9/2023).

Baca juga: KCIC Usul Tarif Terintegrasi Kereta Cepat Rp 300.000, Sudah Termasuk Tiket LRT dan KA Feeder

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, uji coba kereta cepat untuk masyarakat umum akan dilaksanakan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

"(Uji coba untuk masyarakat) nanti setelah Presiden ya. Mungkin setelah Presiden pulang dari India, setelah itu," ujarnya setelah Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Adapun pada Rabu (13/9/2023), Presiden Jokowi sudah menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung bersama sejumlah menteri dan selebritas setelah menghadiri KTT G20 di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com