Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Bursa Efek Jakarta Indonesia Pernah Mempunyai Bursa Efek di Mana?

Kompas.com - 30/09/2023, 15:54 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Selain Bursa Efek Jakarta indonesia pernah mempunyai bursa efek di Surabaya atau juga dikenal dengan Bursa Efek Surabaya, disingkat BES.

Mengutip laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), per 1 Desember 2007 Bursa Efek Surabaya bersama dengan Bursa Efek Jakarta digabung menjadi satu menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sementara dalam sejarah Bursa Efek Indonesia, pasar modal telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka. Pasar modal atau bursa efek telah hadir sejak jaman kolonial Belanda dan tepatnya pada tahun 1912 di Batavia.

Pasar modal ketika itu didirikan oleh pemerintah Hidia Belanda untuk kepentiang pemerintah kolonial.

Baca juga: Apa Itu Bursa Efek: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Meskipun pasar modal telah ada sejak tahun 1912, perkembangan dan pertumbuhan pasar modal tidak berjalan seperti yang diharapkan, bahkan pada beberapa periode kegiatan pasar modal mengalami kevakuman.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti perang dunia ke I dan II, perpindahan kekuasaan dari pemerintah kolonial kepada pemerintah Republik Indonesia, dan berbagai kondisi yang menyebabkan operasi bursa efek tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Pemerintah Republik Indonesia mengaktifkan kembali pasar modal pada tahun 1977, dan beberapa tahun kemudian pasar modal mengalami pertumbuhan seiring dengan berbagai insentif dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah.

Lalu Bursa Efek Indonesia milik siapa? Nah Bursa efek Indonesia bukan Badan Usaha Milik Negara karena para pihak pemegang saham di bursa efek adalah para anggota bursa yang terdiri dari perusahaan-perusahaan sekuritas.

Dalam sejarah bursa efek indonesia, selain bursa efek jakarta indonesia pernah mempunyai bursa efek di Kota Surabaya sebelum digabung menjadi BEI.PRIYOMBODO Dalam sejarah bursa efek indonesia, selain bursa efek jakarta indonesia pernah mempunyai bursa efek di Kota Surabaya sebelum digabung menjadi BEI.

Baca juga: Mengenal Istilah ARB di Bursa Efek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com