Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

85 Tahun Berkiprah, Sinar Mas Fokus Bantu UMKM lewat Kemitraan Inclusive Closed Loop

Kompas.com - 05/10/2023, 21:24 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- PT Sinar Mas fokus menjalankan kolaborasi dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lewat semangat #MajuBersama. Kolaborasi Sinar Mas dan UMKM dilakukan melalui kemitraan inclusive closed loop.

"Kami fokus dalam membina UMKM berbasis inclusive closed loop model guna meningkatkan pendapatan UMKM yang dapat berdampak pada gross domestic product (GDP) di Indonesia," kata Board Member Sinar Mas Franky Oesman Widjaja saat Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-85, Sinar Mas, Kamis (5/10/2023).

Dalam merayakan HUT ke-85, Sinar Mas menggelar serangkaian kegiatan, seperti ceremonial, jam session, dan kegiatan Tjipta UMKM Fair ke-5 yang menampilkan beragam produk UMKM binaan Sinar Mas.

Franky Oesman Widjaja menegaskan, kegiatan tersebut merupakan langkah strategis Sinar Mas dalam meningkatkan UMKM sebagai pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sebagai informasi, UMKM berkontribusi sebanyak 60 persen terhadap GDP Indonesia dan menyerap 97 persen tenaga kerja yang ada.

Sinar Mas melalui Eka Tjipta Foundation dan berbagai pilar usaha lainnya telah menaungi lebih dari 300 pelaku usaha kecil. Sepuluh diantaranya hadir dalam Tjipta UMKM Fair 2023.

Baca juga: Berusia 85 Tahun, Sinar Mas Fokus Dukung UMKM dan Transisi Energi Ramah Lingkungan

Board Member Sinar Mas Muktar Widjaja mengunjungi anjungan mitra binaan Sinar Mas dalam Tjipta UMKM Fair 5.0 di Jakarta
(03/09/2023).DOK. Sinar Mas Board Member Sinar Mas Muktar Widjaja mengunjungi anjungan mitra binaan Sinar Mas dalam Tjipta UMKM Fair 5.0 di Jakarta (03/09/2023).

"Pada 2023, kami memberikan penghargaan pada beberapa kategori pelaku usaha yang dinilai sukses mengeskalasi bisnisnya. Hal ini sebagai bentuk dukungan dan motivasi agar pelaku usaha bisa terus mengembangkan usahanya," tutur Ketua Umum Eka Tjipta Foundation Hong Tjhin.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Heru Budi Hartono mengapresiasi kinerja dan komitmen Sinar Mas dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

"Saya melihat banyak sekali produk binaan Sinar Mas yang menarik, mulai dari segi pengemasan hingga pemasaran. Apresiasi untuk Sinar Mas atas komitmennya dalam menaikkelaskan UMKM di Indonesia," ucap Heru.

Lebih lanjut, Sinar Mas dan Eka Tjipta Foundation berupaya agar sektor industri dan usaha kecil Indonesia dapat #MajuBersama menjadi usaha yang terus berkembang dengan penuh harapan.

"Seperti pepatah di Afrika, if you want to go fast you go alone, but if you want to go far, we go together. Oleh karena itu, mari kita kembangkan UMKM di Indonesia agar dapat bersaing di pasar global. we go together, far fast and beyond," tutur Franky.

Baca juga: Resmi Sponsori Timnas Sepak Bola Indonesia, Sinar Mas: Kami Merasa Bangga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com