Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AIS Forum Luncurkan Program Pengembangan Usaha Ekonomi Biru dan Riset

Kompas.com - 09/10/2023, 11:45 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Archipelagic and Island States (AIS) Forum meluncurkan program AIS Blue Hub dan AIS Research and Development Center sebagai side events Konferensi Tingkat Tinggi AIS Forum yang pertama, di Hotel Mulia, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/10/2023).

Blue Hub dan AIS Research and Development Center diluncurkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Kepala Perwakilan UNDP Indonesia Norimasa Shimomura.

Kepala Sekretariat AIS Forum Riny Modaso mengatakan, dua program itu merupakan turunan dari misi AIS Forum dalam menyediakan solusi inovatif di bidang ekonomi biru dan akademik.

Baca juga: Ini yang Dibahas dalam Pertemuan Tingkat Tinggi AIS Forum di Madagaskar

AIS Forum mempelopori dan mewadahi solusi-solusi inovatif yang diimplementasikan ke dalam berbagai program-program turunan, demi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan untuk masa depan negara-negara pulau dan kepulauan.

"Kami harap program-program ini dapat mewadahi dan memfasilitasi para inovator, akademisi, dan wirausahawan biru. Bersama-sama kita membangun dan mengembangkan sektor biru," kata Riny dalam keterangan tertulis, Senin.

Riny mengatakan, AIS Blue Hub sebelumnya bernama AIS Startup Blue Hub, diluncurkan untuk memfasilitasi para pelaku sektor biru agar dapat mengembangkan usahanya.

Baca juga: KTT Pertama AIS Forum Bakal Digelar di Bali, Wadah bagi Negara Pulau Bahas Isu Global


Sementara itu, AIS Research and Development Center merupakan implementasi terpusat dari program-program riset dan pengembangan yang sudah dilaksanakan AIS Forum.

Untuk diketahui, peluncuran dua program AIS Forum ini merupakan pembuka dari rangkaian acara KTT AIS Forum 2023 yang terdiri dari Blue Economy High-Level Dialogue, AIS Startup Blue Business Summit, dan AIS Research and Development Conference.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com