Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Argo Semeru Anjlok, Gerbong Mewah Suite Class Masih Utuh

Kompas.com - 18/10/2023, 10:05 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Api (KA) Argo Semeru yang mengalami anjlok di Kulon Progo, DI Yogyakarta pada Selasa (17/10/2023) pukul 13.15 WIB rupanya dirangkaikan dengan kereta Suite Class Compartement.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pada rangkaian KA Argo Semeru yang anjlok kemarin terdapat 1 unit gerbong kereta Suite Class Compartment.

"Iya, terdapat 1 kereta Suite Class Compartment pada KA 17 Argo Semeru," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (17/10/2023) malam.

Baca juga: Kemenhub Masih Dalami Penyebab Insiden KA Argo Semeru Anjlok

Kendati demikian, dia memastikan kondisi gerbong kereta mewah tersebut masih utuh lantaran tidak turut mengalami anjlok ketika ketika insiden tersebut terjadi.

"Bersyukur kondisinya masih utuh," ucap Joni.

"Ya betul, tidak anjlok, aman di rel," jelasnya lebih lanjut.

Baca juga: Penumpang KA Argo Semeru dan KA Wilis Dievakuasi Pakai 2 Kereta

Kereta Suite Class Compartement baru saja diluncurkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada 10 Oktober kemarin di Stasiun Gambir.

Adapun gerbong kereta mewah itu dirangkaikan dengan KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Gambir pp dan KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp.

KAI menghadirkan kereta Suite Class Compartment untuk menggaet pangsa pasar masyarakat ekonomi kelas atas. Pada awal pengoperasianmya, KAI memberikan tarif promo Kereta Suite Class Compartment selama 10-31 Oktober 2023 dengan harga tiket sebesar Rp 1.950.000.

Baca juga: KA Argo Semeru Anjlok, 5 Perjalanan Kereta Putar Arah

Sebagai informasi, insiden ini bermula ketika KA Argo Semeru dengan nomor registrasi KA 17 relasi Surabaya Gubeng-Gambir mengalami anjlokan di petak lintas antara Stasiun Sentolo-Wates KM 52044 pada Selasa (17/10) pukul 13:15 WIB.

Selang beberapa waktu kemudian, pada pukul 13:25 WIB rangkaian KA 6 Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng datang dari arah barat dan menemper rangkaian KA Argo Semeru. Akibat hal tersebut, petak lintas tempat kejadian tidak dapat dilalui di kedua arah.

Pada kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa. Adapun korban luka ringan yang dialami penumpang KA berjumlah 4 orang, dimana 1 orang menjalani rawat inap sementara 3 orang melakukan rawat jalan.

Baca juga: KA Argo Semeru Anjlok, KAI: Tidak Ada Korban Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com