Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disparitas Antardaerah Disebut Melebar, Anies: Ekonomi Indonesia Tidak Hanya Jakarta atau Jawa

Kompas.com - 25/10/2023, 08:08 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan menyebutkan, disparitas perekonomian di level global semakin mengecil. Namun demikian, di level domestik, kesenjangan perekonomian antar daerah justru disebut kian melebar.

Bacapres yang diusung oleh Koalisi Perubahan itu mengakui, perekonomian Indonesia terus tumbuh, sehingga berhasil memangkas kesenjangan dengan perekonomian negara lain. Indonesia pun sudah berhasil masuk ke dalam G20, yakni sebuah forum kerja sama multirateral berisikan negara dengan perekonomian terbesar dunia.

"30 tahun lalu kita jauh di antara negara-negara (G20) tersebut. Sekarang kita berada di negara big 20. Disparitas Jakarta dengan Tokyo, New York, London, mengecil," ujar dia dalam acara 11th US-Indonesia Investment Summit, di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi yang dicatatkan Indonesia disebut belum merata di level daerah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, kesenjangan antardaerah meningkat.

Baca juga: Janji Ganjar Gaspol Kebijakan Ekonomi agar Terhindar dari Middle Income Trap

Ia bilang, di tingkat provinsi, perekonomian DKI Jakarta masih jauh mengungguli provinsi lainnya. Kemudian, Pulau Jawa juga tetap mendominasi ekonomi nasional.

"Ekonomi Indonesia tidak hanya ekonomi Jakarta, ekonomi Jawa," katanya.

Menurutnya, permasalahan disparitas itu harus segera diselesaikan. Sebagai Bacapres, ia berencana untuk mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang tidak hanya berfokus di Pulau Jawa.

"Kita akan melihat pusat-pusat pertumbuhan tumbuh di Indonesia, tidak hanya di Pulau Jawa tapi paling tidak di 14 kota utama," ujarnya.

Baca juga: Janji Prabowo Bawa RI Swasembada Pangan Bila Terpilih Jadi Presiden


Pengembangan sentra ekonomi di luar Pulau Jawa ditargetkan dapat mengatasi isu sosial seperti kemiskinan dan kesenjangan sosial. Selain itu, pembukaan sentra ekonomi menjadi salah satu strategi Anies untuk membuka lapangan kerja baru.

"Itu adalah jalan yang harus kita dorong ke depan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com